Simak Cara Membuat Anak Aktif dalam Kegiatan Fisik Disini

Cara buat anak aktif kegiatan fisik.( Foto : Parenting)

Sukoharjonews.com – Anak-anak memiliki energi yang melimpah dan dorongan alami untuk bergerak dan menjelajahi dunia di sekitar mereka. Namun, di era digital seperti sekarang ini, terkadang sulit untuk membuat anak-anak tetap aktif. Padahal, aktivitas fisik cukup penting bagi perkembangan mereka.

Aktivitas fisik tidak hanya memperkuat tubuh, tetapi juga memengaruhi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif. Dikutip dari Parapuan, pada Selasa (29/8/2023), berikut adalah beberapa tips untuk membuat anak-anak tetap aktif secara fisik:

1.Dorong Aktivitas Luar Ruangan
Pertama-tama, dorong anak untuk lebih sering beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa membelikan anak sepeda, bola, atau mainan lainnya yang dapat dimainkan di teras atau pekarangan.

2. Sediakan Makanan Sehat
Kedua, selalu sediakan makanan sehat bernutrisi untuk anak guna memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya. Makanan sehat baik untuk kesehatan. Anak yang sehat tentu dapat lebih banyak beraktivitas dibandingkan yang tidak.

3. Jadikan Aktivitas Fisik sebagai Kebiasaan Keluarga
Berikutnya, kamu sekeluarga perlu menjadikan aktivitas fisik sebagai kebutuhan. Jangan hanya anak yang didorong untuk olahraga dan main di luar ruangan, tapi kamu juga perlu memberikan contoh.

4. Libatkan Anak dalam Membuat Keputusan
Tips berikutnya, libatkan anak dalam membuat keputusan tentang kegiatan apa yang akan dilakukan. Jika mereka antusias, anak-anak akan lebih senang mengerjakannya dan tidak merasa terpaksa.

5. Ajak Liburan atau Piknik
Jadwalkan liburan atau sekadar piknik secara berkala untuk mendorong aktivitas fisik anak di luar ruangan. Usahakan bepergian ke tempat-tempat yang ramah anak, dengan begitu ia akan bertemu lebih banyak teman sebaya dan belajar bersosialisasi.

Itulah beberapa cara membuat anak aktif dalam kegiatan fisik. Semoga bermanfaat!(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar