Simak Buat Kamu yang Punya Alergi, Berikut Cara Mengatasinya

Cara mengatasi alergi. (Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Pergantian sudah tiba, dan itu berarti muncul mata gatal, berair, hidung meler, tenggorokan gatal, dan pilek. Kita semua sepakat bahwa gejala alergi adalah yang terburuk. Pertanyaannya adalah, apa yang dapat Anda lakukan terhadap mereka?


Mengutip dari Dedicated Senior Medical Center, Jum’at (2/12/2023) Alergi musiman, sering juga disebut hay Fever, adalah gejala yang terjadi akibat paparan jenis spora atau serbuk sari yang dilepaskan ke udara oleh pohon, tumbuhan, dan jamur tertentu.

Tubuh Anda kemudian menganggap bahan-bahan ini adalah patogen invasif dan menciptakan histamin atau bahan kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan untuk melindungi Anda. Ini adalah kabar baik bagi parasit atau patogen yang mempunyai niat buruk—tidak terlalu bagus untuk zat yang tidak berbahaya seperti serbuk sari

Tetap terhidrasi. Saat dehidrasi, tubuh Anda memproduksi lebih banyak histamin (bahan kimia yang menyebabkan gejala alergi), jadi minum cukup air—setidaknya sepertiga berat badan Anda dalam ons—setiap hari adalah kuncinya. Namun tetap terhidrasi tidak hanya berarti minum cukup air—memilih makanan dengan kandungan air lebih tinggi, seperti buah beri, mentimun, sup, kaldu, dan semur, juga dapat membantu meningkatkan asupan cairan Anda.

Makan makanan kaya vitamin C. Mencegah alergi berarti memastikan sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang tinggi Vitamin C, Anda akan mencentang kotak lain dalam daftar untuk tetap sehat.

Ini bisa semudah menambahkan jus lemon segar atau sedikit cuka sari apel ke dalam segelas air pagi Anda atau beberapa buah jeruk ke dalam makanan Anda sebagai pelengkap yang lezat. Buah kaya vitamin C seperti melon juga tinggi kandungan serat, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.


Quersetin. Ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, quercetin adalah antiinflamasi dan bioflavonoid, atau sejenis antioksidan yang memberi pigmentasi pada tanaman, yang mengatur produksi dan pelepasan histamin.

Dalam uji klinis, quercetin telah terbukti mengurangi iritasi saluran napas akibat alergi. Membangun dosis quercetin yang cukup memang membutuhkan waktu, jadi mulailah menerapkan makanan kaya quercetin ke dalam diet Anda—terutama apel, madu, raspberry, bawang bombay, anggur merah, ceri, buah jeruk, dan sayuran berdaun hijau—atau mengonsumsi suplemen quercetin selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelum musim alergi untuk hasil terbaik.

Pembilasan sinus. Pencucian sinus dengan larutan garam dapat berfungsi sebagai sistem irigasi hidung untuk meredakan hidung tersumbat dengan cepat dan efektif serta mengeluarkan lendir dan alergen.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *