Simak Buah Raspberry yang Kecil Banyak Manfaat

Manfaat rasberry. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Raspberry adalah buah kecil manis dengan rasa asam. Warnanya yang ceria dan rasanya yang lezat dapat membuat makanan biasa terasa istimewa. Dan, setiap raspberry lembut mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Dilansir dari WebMD, Senin (29/1/2025), raspberry dapat ditemukan dalam empat warna berbeda: merah, hitam, ungu, dan emas. Raspberry merah adalah jenis yang paling umum ditemukan di toko bahan makanan. Raspberry segar umumnya tersedia dari bulan Juni hingga Oktober, tetapi raspberry beku tersedia sepanjang tahun dan mengandung jumlah vitamin dan mineral yang sama.
Selain itu, raspberry juga menawarkan manfaat kesehatan yang besar.

Keuntungan sehat
Raspberry mengemas banyak nutrisi ke dalam ruang kecil. Mereka menyediakan potasium, penting untuk fungsi jantung, dan terbukti menurunkan tekanan darah . Asam lemak omega-3 pada raspberry dapat membantu mencegah stroke dan penyakit jantung . Mereka juga mengandung mineral yang disebut mangan, yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan kulit serta membantu mengatur gula darah.

Manajemen Diabetes
Satu cangkir raspberry menyediakan 8 gram serat, jauh lebih banyak daripada kebanyakan buah-buahan di toko produk. Serat dapat membantu menurunkan gula darah , kolesterol , dan tekanan darah . Makanan tinggi serat cenderung lebih mengenyangkan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan, sehingga bisa membantu pengelolaan berat badan.

Raspberry mengandung lebih sedikit gula dibandingkan kebanyakan buah-buahan – hanya 5 gram dalam satu cangkir penuh, sehingga kecil kemungkinannya untuk meningkatkan kadar gula darah Anda.

Raspberry menambahkan rasa manis pada masakan, yang dapat mengurangi keinginan Anda untuk mempermanis makanan dengan bahan pengawet buatan yang membantu Anda menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah .

Pencegahan Penyakit
Raspberry mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang melukai sel Anda saat mencoba untuk menjadi stabil. Kerusakan yang diakibatkannya mungkin berperan dalam proses penuaan, radang sendi , kanker, penyakit jantung , penyakit Alzheimer, dan banyak kondisi lainnya.

Antioksidan menstabilkan radikal bebas, menjadikannya tidak berbahaya. Raspberry segar adalah salah satu sumber antioksidan utama untuk diet Anda. Raspberry hitam menawarkan antioksidan paling banyak, diikuti oleh raspberry merah dan kemudian raspberry emas. Semakin dalam warnanya, semakin banyak antioksidan yang dikandung buah beri tersebut.

Kulit Sehat
Raspberry juga mengandung Vitamin C, yang penting untuk produksi kolagen, protein yang membentuk 75% kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, kolagen berkurang sehingga menyebabkan kerutan dan kendur.
Raspberry kaya akan Vitamin C, yang juga dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Nutrisi
Raspberry segar atau beku adalah sumber yang bagus untuk:
• Serat
• Vitamin C
• mangan
• vitamin B
• asam lemak omega-3
• Kalium

Nutrisi per Porsi
Satu cangkir raspberry merah segar mengandung:
• Kalori: 64
• Protein : 1 gram
• Lemak : >1 gram
• Karbohidrat : 14 gram
• Serat : 8 gram
• Gula: 5 gram

Hal-Hal yang Perlu Diwaspadai
Yoghurt raspberry yang sudah dicampur sebelumnya dapat mengandung hingga 25 gram karbohidrat dan 18 gram gula per porsi. Kebanyakan merek menambahkan lebih banyak gula daripada raspberry. Yoghurt Yunani tanpa rasa dalam jumlah yang sama dan ½ cangkir raspberry menyediakan hampir dua kali lipat jumlah makanan dengan hanya 14 gram karbohidrat dan kurang dari 10 gram gula.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar