Simak Buah Beracun yang Bisa Mengancam Kesehatan Anda

Buah yang berbahaya. (Foto : SehatQ)

Sukoharjonews.com – Buah-buahan adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua buah ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari SehatQ, Selasa (21/11/2023), ada beberapa buah beracun yang bisa berbahaya, baik mengandung racun pada seluruh buahnya atau hanya pada bagian tertentu dari buah yang beracun tersebut.

1. Buah bintaro
Bintaro merupakan buah berbahaya yang tidak dapat dimakan sama sekali. Buah yang juga dikenal sebagai mangga laut (sea mango) ini banyak digunakan untuk mengusir tikus. Buah bintaro yang belum matang mengandung asam hidrosianat dengan kadar tinggi dan sangat beracun.

2. Almond
Kacang almond sebetulnya termasuk jenis buah kering. Berbeda dengan almond manis, almond pahit yang memiliki aroma lebih semerbak merupakan buah beracun yang tidak bisa dimakan.
Almond pahit mengandung racun sianida yang bisa mematikan. Oleh karena itu, buah ini harus diproses terlebih dahulu untuk membuang racunnya yang berbahaya.

3. Jambu mete
Buah jambu mete (jambu monyet) memang bukan buah beracun. Namun, kacang mete di dalamnya tidak boleh langsung dimakan secara mentah.
Kacang mete memiliki kandungan senyawa urushiol yang beracun. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kacang ini bahkan bisa mematikan.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena kacang mete yang beredar di pasaran biasanya telah melalui proses pengukusan untuk menghilangkan racun.

4. Kluwek
Apakah Anda tahu biji kluwek? Salah satu bumbu masak tradisional Indonesia ini bersumber dari buah kluwek, yang ternyata digolongkan sebagai buah beracun.

Jika dimakan dalam kondisi mentah atau tidak diproses, buah kluwek bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Pasalnya, biji buah kluwek memiliki kandungan racun sianida yang sangat tinggi. Maka dari itu, biji ini harus diproses terlebih dahulu dengan merebus atau merendamnya, untuk membuang racunnya

5. Belimbing
Meski tergolong aman bagi kebanyakan orang, buah belimbing dapat menjadi buah beracun bagi penderita gagal ginjal kronis. Buah ini mengandung neurotoxin, yakni racun yang dapat menyebabkan gangguan otak dan saraf.

Racun ini umumnya bisa disaring dan dibuang oleh orang-orang dengan ginjal sehat, tapi dapat membahayakan mereka yang menderita gangguan ginjal kronis.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar