Simak Berikut Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar Jelang Lebaran

Tips Bugas menjelang lebaran. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Menjaga kesehatan tubuh merupakan faktor penting yang perlu dilakukan untuk menghadapi rutinitas padat di bulan puasa. Pasalnya, tubuh yang kurang fit bukan hanya mengganggu rutinitasmu, tetapi juga membuat ibadah tidak lancar.


Dilansir dari UCLA Health, Jum’at (21/4/2023),kamu tentu tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan? Oleh sebab itu, agar aktivitasmu berjalan lancar, ada beberapa cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar yang dapat kamu lakukan jelang lebaran.

1. Mencukupi Asupan Mineral
Selama menjalani ibadah puasa, mencukupi asupan mineral adalah hal penting. Oleh sebab itu, kamu perlu memenuhinya ketika sahur dan berbuka agar tubuh sehat dan bugar di bulan puasa.

Agar tubuh tidak dehidrasi, kamu bisa mencukupi kebutuhan mineral sebelum menyantap makanan. Kamu bisa minum air putih saat sahur dan berbuka.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan asupan mineral sebanyak 2 liter setiap harinya. Kamu bisa membaginya saat berbuka puasa dan sahur agar kebutuhan mineral tetap terpenuhi.

Selain melalui air putih, asupan mineral juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus buah dan susu. Buah-buahan mengandung banyak jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga sangat berguna untuk menjaga nutrisimu selama Ramadan.

2. Perhatikan Porsi Makanan Saat Berbuka Puasa
Setelah menjalani puasa seharian penuh, banyak orang yang makan dengan porsi berlebihan ketika berbuka. Hal itu justru akan berdampak buruk terhadap kondisi tubuh.

Tubuh akan mudah merasa lelah, mengantuk, hingga kembung setelah makan. Oleh sebab itu, makanlah dengan porsi cukup agar tubuh sehat dan tidak kaget setelah berbuka.


3. Mengonsumsi Makanan Berprotein Tinggi
Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu tubuhmu agar tidak merasa lapar selama menjalani puasa. Banyak jenis makanan yang berprotein tinggi yang bisa kamu olah menjadi menu buka puasa lezat.

Kamu bisa mengonsumsi ikan, ayam, kacang-kacangan, serta kuning telur. Bukan hanya itu, Greek yogurt dan keju juga mengandung protein yang tinggi.

Konsumsi makanan berprotein tinggi bisa kamu lakukan saat berbuka puasa dan sahur agar mendapatkan nutrisi secara maksimal dan mengurangi penyusutan pada otot. Selain itu, laman Zawya menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga dapat dilakukan ketika kamu sedang melakukan diet saat puasa.

4. Mengurangi Konsumsi Makanan Manis
Makanan yang manis tentu terasa enak dan dapat memberikan energi. Namun, makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan justru memiliki dampak buruk untuk tubuh.

Oleh sebab itu, agar tubuh sehat dan bugar saat puasa, konsumsi makanan manis dapat dikurangi karena gula yang terkandung di dalamnya hanya mampu memberikan energi sementara.

Sebaliknya, perbanyaklah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti agar tetap bugar saat menjalani puasa.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *