Simak Berikut Tips Jalani Hidup dengan Berani

Tips jalani hidup dengan berani. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Salah satu mantra yang wajib diucapkan dalam hidup adalah jangan pernah membiarkan rasa takut menentukan masa depan atau nasib kita. Meskipun hal itu mungkin tampak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, belajar bagaimana menjadi lebih berani bahkan saat menghadapi ketakutan terbesar, bisa terasa seperti rintangan yang sulit diatasi.

Dilansir dari Your Tango, Rabu (26/4/2023), sering kamu bisa mencoba 4 tips kecil ini untuk menjalani hari dengan lebih berani.

Mengakui ketakutan kita kepada diri sendiri atau orang lain yang kita percayai adalah salah satu langkah pertama untuk menjadi lebih berani. Dengan mengakui ketakutan tersebut, kita menarik perhatian mereka dan membiarkan diri kita tahu apa yang harus kita kerjakan.

Menurut pelatih pengembangan pribadi Christine Hourd, ketakutan adalah penghalang yang melindungi kita dari ketidakpastian.

“Begitu Anda memahami apa ketakutan ini dan mendefinisikannya, langkah selanjutnya akan lebih mudah. ​​Maka dalam momen kesadaran ini, keberanian muncul dan terus mendukung Anda dalam mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan Anda,” katanya.

Hadapi Ketakutan Secara Langsung
Untuk hidup lebih berani, kita harus bersedia memperhatikan ketakutan yang kita miliki, seperti berbicara di depan umum atau berbicara dengan orang asing, dan bersedia keluar dari zona nyaman untuk menghadapinya.

“Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mengatasi rasa takut itu. Jadi, jika Anda takut untuk berkencan, mulailah dari yang kecil dengan hanya tersenyum pada orang yang Anda lihat lewat di jalan,” kata pelatih kencan, Ronnie Ann Ryan.

“Selanjutnya, cobalah mulai menyapa untuk memulai percakapan dan menjadi lebih nyaman berinteraksi dengan orang asing. Hal ini membangun kepercayaan diri saat Anda memperoleh pengalaman berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal,” lanjutnya.

Pertahankan Pola Pikir Positif
Tidak ada yang tahu akan kehidupan dan kita harus terus belajar hal-hal baru setiap hari. Jadi, untuk menjadi lebih berani, kita perlu merangkul peluang baru dan senang mempelajari hal baru. Biarkan orang lain mengajari kita sesuatu alih-alih mencoba mencari tahu sendiri. Belajar dari orang lain adalah langkah besar untuk hidup dengan berani.

Karena ketakutan membuat tujuan hidup kita bisa terhenti kapan saja, itu sebabnya kita perlu mengingatkan diri sendiri setiap hari untuk berani dan mencoba menghadapi ketakutan kita, karena kita memilih jalan hidup kita dengan kehendak bebas diri sendiri. Jadi, ingatlah bahwa tidak ada lagi membiarkan rasa takut mendikte apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.(patrisia argi)


Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar