Simak Berikut 4 Aturan Makan Nggak Biasa yang Berlaku di Restoran Berbagai Negara

Aturan makan ngga biasa di berbagai negara. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Pernahkah kamu mendapatkan pengalaman tertentu saat makan di sebuah restoran? Seperti ada yang menerapkan layanan self service hingga denda di sebuah tempat makan all you can eat. Tak hanya di Indonesia, beberapa negara lain di berbagai belahan dunia juga punya aturan makan yang berbeda.


Dilansir dari Wasserstorm, Minggu (14/5/2023), kebiasaan ini justru menjadi table manner atau etika makan yang umum dilakukan oleh penduduk setempat meski tengah berada di restoran sekalipun. Lantas seperti apa etika makan di berbagai negara yang tergolong unik dan tak biasa? Berikut rangkumannya!

Skotlandia
Kalau di beberapa restoran yang ada di Indonesia memperbolehkan para pengunjung membawa pulang makanansisa yang tak habis, lain halnya dengan di Skotlandia. Negara yang satu ini justru mengganggap tabu kebiasaan membungkus makanan sisa yang tak habis. Mengapa?

Skotlandia menolak untuk mengemas makanan sisa yang tak habis disantap oleh para pengunjung. Alasannya karena masalah keracunan makanan. Hal ini pun membuat kebiasaan tadi sangat menakutkan bagi sebagian orang.

Kontrol koersif yang dimaksud adalah dengan melakukan intimidasi, mengancam, hingga menghina. Perilaku ini adalah perilaku kekerasan yang dapat merusak mental seseorang. Biasanya, hal ini terjadi karena keinginan yang terlalu berlebihan untuk mendapatkan sesuatu.


Spanyol
Berbanding terbalik dengan Skotlandia, Spanyol malah menyarankan para pengunjung restoran untuk membawa pulang makanan yang tak habis disantap. Dikutip dari Euronews, dalam rangka mengurangi makanan yang terbuang, pemerintah setempat meminta restoran atau bar untuk memberikan kebebasan bagi pelanggan mengambil kembali sisa makanan yang tak habis.

Meskipun kebiasaan tadi awalnya bukan hal yang umum terjadi di Spanyol, kebijakan pemerintah dalam meminimalisir limbah makanan bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kelaparan hingga kekurangan gizi yang masih terjadi di dunia. Akibatnya doggy bag atau bungkus khusus untuk makanan yang dibawa pulang pun menjadi hal yang lumrah di Spanyol.


Mesir
Selanjutnya ada etika makan terunik lainnya yang datang dari Negara Mesir. Saat berada di sebuah restoran, pengunjung yang tertangkap melihat piring makanorang lain dianggap tak sopan. Masih dikutip dari laman yang sama, dalam budaya Mesir memeriksa pesanan milik pengunjung lain menggambarkan keinginan dan kecemburuan.

Prancis
Last but not least, di Perancis juga ada aturan makan tak kalah unik yang biasanya berlaku di restoran. Jangan heran saat berkunjung ke negara ini kamu harus meningkatkan kesabaran saat memesan makanan atau minuman di beberapa restoran. Alasannya karena di sana pelayanannya tergolong lambat.

Suda menjadi budaya di sana kalau pengunjung sering kali sengaja meluangkan waktu hanya untuk makan, minum, atau mengobrol dalam jangka waktu yang lama. Bahkan istirahat kerja di sana biasanya ada di rentang waktu 1-2 jam. Akibatnya pramusaji di Perancis tak pernah terburu-buru saat menyiapkan pesanan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *