Simak Begini Gejala – Gejala Anemia yang Harus Kita Tahu

Gejala anemia. (Foto: Honestdocs)

Sukoharjonews.com – Anemia adalah masalah tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ lain di tubuh. Menderita anemia dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan dan sesak napas.

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (22/1/2024), Ada banyak bentuk anemia. Masing-masing mempunyai penyebabnya masing-masing. Anemia bisa bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Ini bisa berkisar dari ringan hingga parah. Anemia bisa menjadi tanda peringatan penyakit serius.

Perawatan untuk anemia mungkin melibatkan konsumsi suplemen atau menjalani prosedur medis. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat mencegah beberapa bentuk anemia.

Gejala
Gejala anemia tergantung pada penyebab dan seberapa parah anemia tersebut. Anemia bisa sangat ringan sehingga tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Namun gejala biasanya muncul dan memburuk seiring dengan semakin parahnya anemia.

Jika anemia disebabkan oleh penyakit lain, penyakit tersebut dapat menutupi gejala anemia. Kemudian tes untuk kondisi lain mungkin menemukan anemia. Jenis anemia tertentu memiliki gejala yang menunjukkan penyebabnya.

Kemungkinan gejala anemia meliputi:

-Kelelahan.
-Kelemahan.
-Sesak napas.
-Kulit pucat atau kekuningan, yang mungkin lebih terlihat jelas pada kulit putih dibandingkan kulit hitam atau coklat.
-Detak jantung tidak teratur.
-Pusing atau sakit kepala ringan.
-Nyeri dada.
-Tangan dan kaki dingin.
-Sakit kepala.

Kapan harus ke dokter
Buatlah janji temu dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda lelah atau sesak napas dan tidak tahu alasannya.

Rendahnya kadar protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen, yang disebut hemoglobin, merupakan tanda utama anemia. Beberapa orang mengetahui bahwa mereka memiliki hemoglobin rendah ketika mereka mendonorkan darah. Jika Anda diberitahu bahwa Anda tidak dapat menyumbang karena rendahnya hemoglobin, buatlah janji temu medis.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar