Simak 4 Kompetisi Unik yang Tak Disangka-Sangka Ternyata Ada di Dunia

Simak 4 kompetisi unik yang tak disangka-sangka ternyata ada di dunia. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Bukan hal yang mengejutkan jika sebagai makhluk yang punya insting bersaing tinggi, manusia menyukai berbagai jenis kompetisi. Tidak mengherankan apabila semua aspek kehidupan mulai dari kecantikan, kecerdasan, hingga ketahanan fisik kerap menjadi tema kompetisi yang digelar besar-besaran.

Dilansir dari Trvl Channel, Kamis (16/3/2023),banyaknya kompetisi di beberapa bidang tersebut nyatanya tidak menghentikan sisi kreatif manusia untuk menciptakan lomba-lomba lain yang lebih inovatif dan ajaib. Tidak mengejutkan apabila ada berbagai kompetisi unik yang mungkin tidak akan pernah disangka-sangka oleh kamu yang gemar mengikuti kompetisi yang lebih normal.

Kompetisi Menggendong Istri
Kompetisi ini pertama kali diperkenalkan di Sonkajarvi, Finlandia, di mana peserta pria berlari melewati rintangan sambil menggendong pasangannya. Meskipun dinamai dengan kompetisi menggendong istri, kedua peserta yang berpasangan tidak harus berstatus sebagai suami istri.

Semua peserta bebas menggendong pasangannya dengan gaya yang diinginkan, mulai dari gendongan di punggung, teknik sampir bahu ala pemadam kebakaran, hingga teknik Estonia di mana peserta perempuan digendong dengan posisi terbalik di punggung peserta pria.

Hadiah dari pemenang perlombaan menggendong istri ini adalah bir sebanyak berat peserta perempuan yang digendong. Selain di Sonkajarvi, kompetisi ini juga ada di Hongkong, Wisconsin, Michigan, hingga Maine.

Sepak Bola Rawa
Seperti namanya, kompetisi yang satu ini merupakan pertandingan sepak bola yang dimainkan di rawa atau tanah berlumpur. Kompetisi ini bermula dari latihan rutin para tentara karena tanah yang lembek membuat olahraga menjadi lebih intens.

Namun, kompetisi ini berkembang ketika olahraga ini dilombakan dalam Kejuaraan Dunia Sepak Bola Rawa. Kini, kompetisi unik yang satu ini dimainkan setiap tahunnya di rawa Vuorisuo di Hyrynsalmi, Finlandia.

Festival Tar Barrels
Kota Ottery St Mary di Inggris merayakan acara tahunan yang dinamai Festival Tar Barrels. Festival ini melibatkan tradisi yang dijalankan sejak abad ke-17 di mana peserta berlari di sepanjang jalanan kota sambil membawa tong yang telah dibasahi dengan tar.

Tong hanya bisa dibawa oleh peserta yang lahir di Ottery St Mary atau orang yang telah cukup lama tinggal di kota tersebut. Festival ini biasanya diadakan pada tanggal 5 November setiap tahunnya dan hanya akan diganti ketika tanggal 5 jatuh pada hari Minggu.

Extreme Ironing
Extreme ironing alias perlombaan menyetrika yang ekstrem ini merupakan perpaduan dari olahraga dan seni pertunjukan. Pertandingan ini membuat pesertanya membawa papan setrika ke lokasi terpencil untuk menyetrika.

Kompetisi ini bermula dari ide antik dari seorang warga Leicester, Inggris yang bernama Phil Shaw pada tahun 1997. Pria itu ingin mendaki tebing alih-alih mengerjakan tugas rumahan sehingga akhirnya ia memutuskan untuk melakukan keduanya sekaligus.

Fenomena ini akhirnya berkembang pesat ke seluruh penjuru dunia dengan partisipan yang berlomba-lomba mencari lokasi menyetrika paling ekstrem, mulai dari di tepi gunung, di jalanan, hingga di bawah air.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar