Siapa Suka Buah Pir? Simak Ini Manfaatnya

Manfaat buah pir untuk kesehatan.(Foto:hllosehat)

Sukoharjonews.com – Pir adalah sebutan untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis.

Dilansir dari Health, Selasa (3/9/2024), ada banyak manfaat buah pir yang bisa kita dapatkan simak beriku ini

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Pir merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik . Setiap pir berukuran sedang mengandung sekitar 20% dari nilai harian (DV) serat. Kedua bentuk serat tersebut penting untuk kesehatan pencernaan. Serat larut membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan, sementara serat tidak larut menambah jumlah tinja untuk mencegah dan mengobati sembelit.

Dapat Mengurangi Risiko Diabetes
Sebuah meta-analisis besar yang melibatkan lebih dari 200.000 peserta menemukan bahwa konsumsi apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 18% . Mengonsumsi hanya satu porsi apel atau pir per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 3%.

Mengandung Fitonutrien untuk Mencegah Peradangan
Kulit buah pir khususnya merupakan sumber senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang baik termasuk asam fenolik, flavonoid, dan triterpen.Peradangan diperlukan untuk menyembuhkan luka dan melawan penyakit, tetapi peradangan kronis dapat menjadi masalah karena terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiometabolik
Sebuah studi tahun 2019 yang mengevaluasi efek mengonsumsi buah pir setiap hari terhadap penanda kesehatan kardiometabolik menemukan peningkatan pada mereka yang mengonsumsi dua buah pir setiap hari dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mengonsumsi minuman dengan nilai kalori yang sama. Pesertanya adalah orang dewasa setengah baya dan lebih tua dengan sindrom metabolik , kombinasi faktor risiko untuk diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar