Siapa Sangka, Ternyata Makanan Ini Dapat Mempertajam Pendengaran Anda!

Makanan yang dapat mempertajam pendengaran. (Foto: briliofood)

Sukoharjonews.com – Kesehatan pendengaran perlu dijaga, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk telinga. Konsumsi makanan seimbang yang kaya nutrisi bisa mencegah kerusakan dan bisa meningkatkan kesehatan telinga. Kalium, seng, asam folat, dan magnesium adalah empat mineral penting yang terkait dengan peningkatan kesehatan pendengaran.

Dikutip dari Mothers and Beyond, pada Sabtu (17/2/2024), berikut makanan yang dipercaya dapat mempertajam pendengaran Anda:

1. Pisang
Ya, pisang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya meningkatkan ketajaman pendengaran Anda. Buah yang satu ini terkenal kaya akan kalium. Nah, kalium ternyata bisa membantu menjaga sistem pendengaran tetap berfungsi dengan baik. Kalium berperan dalam mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, salah satunya telinga bagian dalam.

Kalium juga diperlukan untuk memproses suara jadi impuls saraf yang dikirim ke otak. Seiring bertambahnya usia, kadar kalium dalam tubuh akan berkurang. Karena mengonsumsi pisang dapat menjaga persediaan dan keseimbangan kalium di telinga bagian dalam serta membuat pendengaran tetap tajam.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon terkenal mempunyai kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 bisa mengurangi risiko gangguan pendengaran seiring dengan bertambahnya usia. Sejumlah penelitian melaporkan fakta bahwa konsumsi ikan salmon dua kali seminggu pada orang dewasa bisa menurunkan kemungkinan gangguan pendengarannya hingga 42 persen. Selain itu, omega-3 di dalam ikan salmon juga bisa memperkuat aliran darah yang ada di sistem sensor pendengaran.

3. Jamur
Kandungan vitamin D yang terdapat di dalam jamur dapat mencegah berbagai gangguan yang terjadi pada telinga. Tiga tulang bagian tengah telinga bisa retak dan melemah jika tidak mendapat cukup asupan vitamin D, sehingga bisa mempengaruhi ketajaman pendengaran. Oleh karena itu, jamur bisa Anda jadikan asupan penting untuk meningkatkan ketajaman pendengaran.

4. Brokoli
Sayuran satu ini mengandung asam folat, zat yang juga bisa membantu menyehatkan sistem pendengaran Anda. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa seseorang yang kekurangan asam folat dalam darah lebih berpeluang mengalami gangguan pendengaran karena faktor usia.

Di sisi lain, asam folat juga berfungsi untuk menguraikan homosistein, penyebab komponen inflamasi yang dapat menghambat sirkulasi. Padahal sirkulasi yang baik sangat penting untuk menjaga sel-sel rambut telinga dan bagian dalam agar lebih sehat dan berfungsi dengan baik.

5. Jeruk
Anda juga bisa mengonsumsi jeruk untuk meningkatkan ketajaman pendengaran. Buah ini mengandung vitamin C dan E yang dapat melindungi sel telinga bagian dalam dari kerusakan akibat radikal bebas hingga paparan suara kencang. Oleh karena itu, jeruk dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menurunkan risiko infeksi telinga.

6. Kacang Mete
Kacang mete kaya akan kandungan zinc yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan berperan dalam pertumbuhan sel serta penyembuhan luka. Karenanya zinc juga bisa mengusir kuman dan virus yang menyebabkan infeksi pada telinga.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar