Seru Juga Kalau Ronda Ditemani Anggota Satgas TMMD Reguler Ke-104

Suasana pos kamling bertambah seru dan ramai karena sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler Ke-104 di Desa Celep ikut bergabung bersama warga melakukan ronda.

Sukoharjonews.com (Nguter) – Kegiatan anggota Satgas TMMD Reguler Ke-104 di Desa Celep, Nguter, Sukoharjo ternyata tidak terbatas di siang hari saja. Buktinya, saat malam hari pun anggota Satgas TMMD juga melakukan kegiatan. Salah satunya bergabung dengan warga desa melakukan ronda di pos kamling. Bergabungnya anggota TNI yang berseragam itu tentu saja membuat desa semakin aman.


Komandan SKK Satgas TMMD Reguler Kapten Arh Bahrun mengatakan, ronda malam bersama warga merupakan upaya menjalani kebersamaan dan lebih mendekatkan diri antara prajurit TNI dengan masyarakat. Sehingga, apa yang dilakukan anggota Satgas TMMD tidak hanya kegiatan pembangunan sarana prasarana fisik yang dikerjakan bersama pada siang hari. Tapi, juga jalinan kemitraan bersama mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjadi hal penting dalam membangun komunikasi sosial (komsos) antara prajurit TNI dan warga.

“Membangun komunikasi sosial antara prajurit TNI dengan warga sangat penting karena mereka bertugas di TMMD selama satu bulan, bukan hanya geliat pembangunan yang ditonjolkan bagi Satgas TMMD, tetapi membangun kekuatan bersama rakyat, TNI kuat atas dukungan dari rakyat, dan TNI jauh lebih hebat dengan kepercayaan rakyat,” paparnya, Sabtu (9/3).

Menurutnya, dengan partisipasi anggota Satgas TMMD Reguler dalam ronda malam di pos kamling bersama warga akan tercipta komunikasi antara prajurit TNI dan warga. Pemukiman warga menjadi aman, nyaman, dan tenteram karena menyatunya prajurit TNI dengan warga. Bahrun juga mengatakan, prajurit melakukan ronda tersebut merupakan kesepakatan bersama. Sehingga, setiap malam tiga sampai lima prajurit ikut ronda di pos kamling.

“Mereka bersama warga melakukan patroli keliling kampung. Prajurit TNI juga mengajarkan kepada warga untuk melakukan langkah antisipasi, meminimalisir aksi kejahatan pemukiman. Dengan menjalin kekompakan antar warga meminimalisir aksi kejahatan di pemukiman,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Bahrun, kegiatan tersebut juga bertujuan membangun rasa kebersamaan antar warga pemukiman. Pos kamling yang lama maupun yang baru dibangun Satgas TMMD menjadi sarana warga untuk membuat pam swakarsa lebih baik untuk kamtibmas di pemukiman.

Salah satu warga Desa Celep Parno, 51, mengaku suasana ronda bersama anggota TNI menjadi tambah seru dan ramai. Dengan bergabungnya anggota Satgas TMMD, warga menjadi semangat dan rajin ikut ronda. “Jika dulunya pos kamling sepi, sekarang ramai kembali karena ada anggota TNI yang ikut ronda,” katanya. (nano sumarno)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar