Sering Turun Hujan dan Angin Kencang, BPBD Imbau Warga Waspada Pohon Tumbang

Masyarakat diminta untuk mewaspadai kemungkinan pohon tumbang karena hujan dan angin kencang diperkirakan masih terjadi di Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Hujan deras disertai angin kencang sering terjadi di Sukoharjo akhur-akhir ini. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau agar masyarakat mewaspadai bencana alam termasuk pohon tumbang. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir sering terjadi kasus pohon tumbang di sejumlah wilayah.


“Akhir-akhir ini hujan yang turun sering disertai angin kencang sehingga warga untuk mewaspadai kemungkinan pohon tumbang,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, Kamis (28/1/2021).

Dikatakan Sri Maryanto, seperti yang terjadi pada Rabu (27/1/2021) kemarin dimana pohon tumbang di tiga lokasi di Sukoharjo. Masing-masing di Desa Tiyaran, Bulu, di Bekonang, Mojolaban dan satu pohon tumbang di Bentakan, Baki. Pohon yang tumbang itupun sempat menutup akses jalan sehingga arus lalulintas sempat terganggu.

Karena melintang diatas jalan, BPBD bersama petugas terkait lantas melakukan evakuasi pohon yang tumbang agar tidak menganggu arus lalulintas. Sri Maryanto mengaku tidak ada warga yang jadi korban tertimpa saat pohon tumbang. Untuk itu, BPBD mengimbau warga untuk berhati-hati dan waspada.

Sri Maryanto menambahkan, hujan deras dan angin masih berpotensi masih terjadi di Sukoharjo hingga beberapa waktu ke depan. Setidaknya hingga bulan Februari 2021. Menurutnya, hingga saat ini sudah puluhan pohon tumbang di Sukoharjo sehingga harus menjadi perhatian warga saat melinatas di jalan.

“Kami sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemangkasan pohon turus jalan sebagai antisipasi tumbang,” ujarnya. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar