Ragam  

Sering Tidur Mendengkur? Simak ini Penyebabnya

Penyebab tidur mendengkur.(Foto:Health)

Sukoharjonews.com – Pasangan yang bertengkar karena mendengkur terdengar seperti plot komedi situasi. Namun dalam kehidupan nyata, tidak ada yang lucu tentang mendengkur dan pengaruhnya terhadap tidur dan kesehatan seseorang secara keseluruhan.


Dilansir dari houston methodist, Senin (08/4/2024), mendengkur adalah suara yang dikeluarkan saat tidur yang dapat terdengar seperti berderak, bersiul, mendengus, atau menggerutu. Meskipun hampir semua orang mendengkur pada suatu saat (misalnya saat Anda sakit atau mengalami alergi musiman), hal ini menjadi masalah jika terjadi setiap malam dan menyebabkan kantuk di siang hari atau mudah tersinggung.

Apa penyebab mendengkur?
“Mendengkur biasanya disebabkan oleh getaran jaringan di tenggorokan dan saluran hidung saat tidur,” kata Dr. Sara Bakhtiar, dokter perawatan primer di Houston Methodist.

Beberapa faktor berkontribusi terhadap berkembangnya mendengkur, menurut Dr. Bakhtiar. Ini dapat mencakup:

Saluran udara tersumbat:
Jika aliran udara melalui hidung dan tenggorokan tersumbat sebagian, hal ini dapat menyebabkan mendengkur. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hidung tersumbat karena alergi atau pilek, septum yang menyimpang, atau pembesaran amandel dan kelenjar gondok.

Tonus otot yang buruk:
Otot-otot yang lemah di tenggorokan dan lidah dapat menyebabkan otot-otot tersebut menjadi terlalu rileks saat tidur, sehingga mempersempit jalan napas. Kelemahan otot bisa terjadi karena penuaan, konsumsi alkohol, penggunaan obat tidur, atau kondisi medis tertentu.

Kelebihan berat badan:
Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mendengkur. Jaringan lemak berlebih di sekitar leher dan tenggorokan dapat menekan saluran napas sehingga menyebabkan penyempitan dan mendengkur.

Posisi tidur:
Tidur telentang dapat menyebabkan pangkal lidah dan langit-langit lunak menempel ke bagian belakang tenggorokan sehingga menghalangi aliran udara.


Alkohol dan alat bantu tidur:
Zat-zat ini dapat mengganggu kemampuan otak untuk mengatur pola tidur dan pernapasan. Minum atau mengonsumsi obat tidur juga dapat mengendurkan otot tenggorokan.

Merokok:
Merokok menyebabkan peradangan pada jaringan tenggorokan yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dan penyumbatan saluran napas.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda mendengkur
Jika Anda berbagi tempat tidur, kemungkinan besar Anda diberi tahu jika Anda mendengkur . Tetapi bahkan tanpa bukti yang menguatkan seperti itu, tubuh Anda akan mulai memberi tahu Anda.

Tanda-tanda mendengkur bisa berupa terbangun dengan mulut kering , sakit tenggorokan, kelelahan, atau sakit kepala. Pada siang hari, Anda mungkin mengalami kantuk, kesulitan berkonsentrasi, dan masalah ingatan. Pada malam hari, Anda mungkin gelisah atau sulit tidur (insomnia). Anda juga mungkin sesekali terbangun di malam hari dengan terengah-engah atau tersedak saat tidur.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *