Sering Terjadi dikalangan Gen-Z, Inilah Istilah FOMO yang Sering Kita Dengar

Mengenal istilah fomo.(Foto:Gatsby)

Sukoharjonews.com – Dikalangan anak muda sekarang sering kali banyak sekali istilah-istilah baru yang beredar dimasyarakat, perkemangan teknologi tentu juga sebagai salah satu pengaruhnya.

Dilansir dari Geotimes, Sabtu (15/6/2024), setiap orang mungkin pernah mengalami perasaan akan ketertinggalan ketika melihat aktivitas orang lain. Meskipun terlihat sepele, perasaan FOMO dapat memberikan dampak bagi kesehatan mental dan fisik. Inilah yang perlu kamu ketahui mengenai apa itu FOMO, Penyebab, dampak, dan cara mengatasinya agar tidak merugikan bagi diri kita sendiri.

Mengena Istilah FOMO
Anak muda pasti sudah tidak asing lagi nih dengan istilah FOMO. Dilansir dari the World Journal of Clinical Cases, FOMO merupakan istilah unik yang muncul pada tahun 2004 dan dipergunakan secara luas pada tahun 2010. FOMO sendiri adalah singkatan dari fear of missing out yang berarti perasaan takut atau cemas dalam diri seseorang akan ketertinggalan terhadap apa yang dilakukan, dimiliki, dan diketahui orang lain.

Seseorang yang terkena FOMO akan mendapat dorongan untuk terus terlibat dan tidak sekalipun melewatkan hal yang populer atau penting. Remaja menjadi kelompok individu yang sangat rentan terhadap efek FOMO. Seperti contohnya orang dengan FOMO lebih suka pergi ke kafe yang sedang populer, dan bahkan berbondong – bondong menonton konser hanya karena sekadar mengikuti tren untuk flexing di media sosial atau ingin disebut sebagai anak gaul.

Penyebab FOMO
Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat kita dapat menjangkau jutaan informasi melalui media sosial. Keberadaan media sosial inilah yang menjadi faktor utama terjadinya FOMO. Media sosial sering dijadikan wadah flexing atau ajang pamer untuk menunjukan gaya hidup dan eksistensi yang dapat menimbulkan rendahnya tingkat percaya diri atas pencapaian yang orang lain dapatkan.

Menurut penelitian di dalam World Journal of Clinical Cases pada 2021, penggunaan media sosial yang berlebihan dan perasaan takut akan ketertinggalan muncul untuk menghindari penolakan secara sosial.

Beberapa Faktor lainnya yang ikut mempengaruhi terjadinya FOMO antara lain :

1. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain
2. Kecemasan akan penolakan atau terabaikan dari lingkungan sosial.
3. Memiliki hubungan sosial yang Kurang Baik.
4. Mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar