Sering Merasa Mules Setelah Minu Kopi, Simak ini Penyebabnya

Alasan sembelit setelah minum kopi.(Foto:Kompas halth)

Sukoharjonews.com – Tak sedikit dari peminum kopi yang mengaku bahwa setelah minum kopi ada semacam ‘panggilan’ untuk segera melakukan BAB. Beberapa orang khawatir bahwa ini adalah pertanda buruk tentang kopi yang diminumnya atau reaksi buruk kopi terhadap tubuh mereka. Jangan khawatir karena hal tersebut ternyata sangat normal. Studi membuktikan bahwa 30% populasi peminum kopi memang mengalami hal ini. Meskipun reaksinya berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang hanya merasa sedikit mules, ada yang langsung ingin BAB dan ada juga yang hanya merasakan reaksi sedikit pada perutnya.

Dilansir dari otten coffe, Jum’at, (5/7/2024),radang usus buntu menyebabkan nyeri pada perut kanan bawah. Namun, pada kebanyakan orang, nyeri dimulai di sekitar pusar dan kemudian berpindah-pindah. Ketika peradangan memburuk, nyeri usus buntu biasanya meningkat dan akhirnya menjadi serius.

Untuk menjawab semua pertanyaan yang datang kepada saya yang kira-kira bunyinya “kenapa kalau habis minum kopi bawaannya mau ke toilet ya?” maka lahirlah artikel ini. Kini rasa penasaran akan jawabannya telah ditemukan oleh para ilmuan yang telah mengamati dan membuat studi invasif. Para ilmuan yang telah melakukan riset ini mengatakan bahwa kopi mampu merangsa usus distal mendorong kotoran keluar dari tubuh dengan lebih cepat. Ada kemungkinan bahwa asam (acidity) yang terkandung dalam kopi yang memengaruhinya.

Senyawa Pada Kopi yang Memicu BAB
Di dalam kopi ada senyawa yang bernama asam chlorogenic yang memicu naiknya kadar asam lambung serta memicu naiknya tingkat asam pada lambung manusia. Tidak, ini tidak berbahaya. Karena lambung memang bereaksi terhadap berbagai hal yang dikonsumsi manusia, termasuk kopi. Saat kamu mengonsumsi kopi maka lambung juga bereaksi. Setelah itu hormon yang membantu proses pencernaan juga berekasi dan mempercepat proses pencernaan dan pergerakannya ke usus. Itu kenapa untuk beberapa orang kopi menyebabkan mereka untuk melakukan BAB.

Selain penjelasan ilmiah itu. Dorongan buang air setelah minum kopi juga bisa dipengaruhi faktor kebiasaan dan daya tahan tubuh. Bisa jadi ini terjadi hanya pada peminum kopi pemula atau mereka yang memiliki sistem pencernaan yang berbeda. Apapun itu semua efek kopi adalah normal dan tidak membahayakan kesehatan.

Hal Ini Tidak Berbahaya
Memang tidak semua orang langsung terpanggil untuk BAB setelah meminum kopi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Ada yang memang karena faktor kondisi tubuh yang berbeda. Ada pula yang memiliki sistem pencernaan dengan tingkat sensitifitas yang berbeda. Ada pula karena faktor jenis kopi yang berbeda. Tapi apapun itu selama kamu mengonsumsi kopi yang sehat dan jelas asal usulnya maka efek ini sama sekali tidak berbahaya. Bahkan beberapa orang mengaku bahwa memang mereka sengaja minum kopi di pagi hari agar bisa langsung BAB. Jadi jika kamu mengalami hal ini jangan khawatir karena ini normal saja kecuali kamu mengalammi BAB yang terlalu sering dan ada bagian tubuh yang turut sakit.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar