Sering Gatal Tenggorokan? Simak ini Ternyata Penyebabnya

Penyebab tenggorokan sakit. (Foto: alodokter)

Sukoharjonews.com – Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan munculnya rasa kering, gatal, sakit pada tenggorokan yang terkadang disertai demam, batuk, pusing, hidung berair, dan berkurangnya nafsu makan.

Dilansir dari, Zurich, Senin (20/11/2023), saat kondisinya sudah parah, radang tenggorokan bisa memunculkan iritasi dan sensasi terbakar dalam tenggorokan Anda. Apabila hal ini terjadi, seseorang yang mengidap radang tenggorokan pun akan merasa kesulitan dalam berbicara atau menelan.

Kebanyakan orang tahu penyebab radang tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus yang menyebabkan sakit di tenggorokan dan amandel. Tapi, ternyata ada juga virus seperti mumps yang terjadi pada infeksi kelenjar ludah serta mononucleosis yang merupakan infeksi penyakit yang berpindah lewat air liur, dan flu.
Selain tiga jenis penyebab tadi, masih ada penyebab radang tenggorokan lainnya yang tak banyak diketahui, dan tetap perlu Anda waspadai!

Alergi
Penyebab radang tenggorokan yang pertama adalah alergi. Biasanya, kondisi ini terjadi jika Anda tak sengaja menghirup bulu hewan peliharaan, debu, rumput, serta serbuk sari pada bunga atau jamur. Hasilnya adalah Anda akan bersin-bersin karena hidung gatal serta tenggorokan yang terasa sakit.

Kondisi Udara
Ternyata paparan kondisi udara yang pengap dan panas, kering, polusi udara, serta asap rokok yang terjadi secara terus menerus bisa menjadi salah satu penyebab radang tenggorokan. Hal-hal ini pun dapat menjadi pemicu timbulnya rasa gatal, apalagi di pagi hari saat bangun tidur. Itulah sebabnya Anda perlu memerhatikan sirkulasi udara yang berada di sekitar.

Kebiasaan Tertentu
Kebiasaan bernafas lewat mulut akibat hidung tersumbat, langsung tidur setelah makan, sering berbicara keras, berteriak, bahkan terlalu banyak berbicara tanpa istirahat bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan berminyak serta minum alkohol bisa membuat tenggorokan terasa kering dan meradang. Jadi, perhatikan apakah kebiasaan-kebiasaan ini pernah memicu radang pada tenggorokan Anda atau tidak.

Memiliki Sakit GERD
GERD sendiri memiliki ciri nyeri pada ulu hati yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan). Esofagus adalah bagian saluran pencernaan yang bisa membawa makanan dari mulut menuju lambung. Ketika GERD kambuh, asam lambung akan mendorong makanan kembali ke kerongkongan dan Anda mungkin bisa merasakan sakit di tenggorokan. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar