Sering Dianggap Penyebab Sakit Perut, Ternyata Ini Manfaat Cabai

Manfaat dari cabai.(Foto: greeners)

Sukoharjonews.com – Cabai rawit tidak hanya menambah rasa pedas pada masakan Anda, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Meskipun memiliki manfaat ini, cabai rawit sering kali mendapat reputasi buruk karena berbahaya bagi kesehatan Anda. Meskipun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti iritasi lambung, menikmati cabai dalam jumlah sedang sebenarnya dapat memberikan beberapa manfaat. Dari meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu penurunan berat badan hingga meredakan nyeri, cabai rawit lebih dari sekadar tambahan pedas pada makanan Anda.

Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (11/10/2024), berikut manfaat cabai:

1. Kaya anti oksidan
Cabai mengandung banyak antioksidan, yaitu zat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, yang menyebabkan penuaan dan penyakit seperti kanker dan masalah jantung. Warna cabai yang cerah disebabkan oleh senyawa seperti beta-karoten, vitamin C, dan karotenoid lainnya, yang semuanya merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini membantu tubuh melawan stres oksidatif dan mengurangi peradangan, yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Mencegah masalah jantung
Salah satu manfaat cabai yang signifikan adalah dapat mendukung kesehatan jantung. Capsaicin, senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai, telah terbukti menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi. Menurut American Heart Association , orang yang mengonsumsi cabai secara teratur memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 26 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Bahkan, konsumsi cabai secara teratur dikaitkan dengan penurunan kematian akibat penyebab apa pun sebesar 25 persen dan 23 persen lebih sedikit kematian akibat kanker, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi cabai.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Cabai kaya akan vitamin, terutama vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tidak hanya itu, cabai juga kaya akan vitamin A, E, dan B serta kalium, magnesium, zat besi, kalsium, dan antioksidan, yang semuanya diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menurut MOJ Food Processing and Technology . Mengonsumsi cabai secara teratur dapat membantu Anda melindungi diri dari infeksi, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain. Namun, konsumsilah dalam jumlah sedang karena dapat mengganggu pencernaan dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif.

4. Membantu penurunan berat badan
Cabai rawit dapat membantu mereka yang ingin menurunkan berat badan. Capsaicin, yang ditemukan dalam cabai, telah terbukti meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan suhu inti tubuh Anda, yang membantu membakar lebih banyak kalori. Proses ini dikenal sebagai termogenesis, di mana tubuh membakar energi untuk menghasilkan panas. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Appetite menemukan bahwa mengonsumsi capsaicin meningkatkan laju pembakaran lemak oleh tubuh dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, cabai rawit juga dapat membantu mengurangi asupan kalori, yang membantu penurunan berat badan.

5. Mengurangi Risiko Kanker
Cabai rawit dapat membantu mengurangi risiko kanker. Capsaicin telah terbukti memiliki khasiat antikanker, karena dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan memicu kematian sel kanker pada jenis kanker tertentu, sebagaimana ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Temperature . Selain itu, antioksidan dalam cabai rawit juga berkontribusi untuk mengurangi risiko kanker, karena membantu menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar