Sering Alami Mood Swing? ini Cara Ampuh Mengatasi Mood Swing Pada Ibu Hamil

Mengatasi mood swing pada ibu hamil.(Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com -mood swing atau perubahan suasana hati memang cukup umum terjadi. Kondisi ini bisa terjadi oleh berbagai faktor, termasuk hormon yang berubah dengan cepat, ketidaknyamanan fisik saat hamil, dan kekhawatiran yang sangat normal tentang perubahan hidup yang akan datang. Jika ibu pernah merasa sangat bersemangat pada suatu waktu dan kemudian merasa sedih setelahnya, jangan khawatir, karena ibu tidak sendirian.

Dilansir dari Halodoc, Minggu (16/6/2024), perubahan suasana hati saat hamil adalah hormon yang berubah dengan cepat, khususnya estrogen dan progesteron. Kadar estrogen melonjak selama 12 minggu pertama kehamilan, meningkat lebih dari 100 kali lipat. Estrogen dikaitkan dengan serotonin kimiawi otak. Ibu mungkin tahu serotonin sebagai hormon “bahagia”, hormon yang coba ditingkatkan oleh banyak obat antidepresan. Namun, serotonin bukanlah koneksi langsung ke kebahagiaan. Ketidakseimbangan dan fluktuasi neurotransmitter ini dapat menyebabkan disregulasi emosi.

Hormon progesteron juga meningkat pesat selama kehamilan, terutama selama tiga bulan pertama. Jika estrogen biasanya dikaitkan dengan energi (dan terlalu banyak terkait dengan energi saraf), progesteron dikaitkan dengan relaksasi.

Meksi perubahan suasana hati adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehamilan, bukan berarti kondisi ini tidak bisa diatasi. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mood swing selama hamil:

Bersabarlah Dengan Diri Sendiri
Ini hal pertama yang harus ibu coba lakukan. Terus menyalahkan diri sendiri mengenai kondisi yang kini sedang dialami akan semakin memperburuk keadaan. Ingatlah bahwa ibu tidak sendirian, ingat bahwa hormonlah penyebab sebagian besar kondisi ini. Selain itu, ini semua akan berlalu seiring waktu.

Bicaralah dengan Pasangan dan Anak
Kamu mungkin kehilangan kesabaran, atau tiba-tiba menangis. Biarkan pasangan dan anak tahu bahwa itu bukan karena mereka. Minta maaf sebelumnya kepada mereka akan perubahan suasana hati yang akan membuat mereka mungkin merasa kurang nyaman.

Hindari Informasi Kehamilan yang Bikin Takut
Tentunya ibu ingin memiliki kehamilan yang sehat. Tentu saja, ibu ingin mendapat informasi yang tepat tentang perawatan prenatal, diet, dan proses persalinan nanti. Namun, jika informasi kehamilan itu membuat ibu cemas, jangan dibaca.

Prioritaskan Tidur
Pada trimester pertama, ibu cenderung lelah, tidak peduli seberapa lama ibu sudah tidur. Selama trimester ketiga, ibu mungkin kesulitan untuk merasa nyaman, dan itu menyebabkan kurang tidur. Namun, ibu tetap butuh tidur. Kelelahan adalah penyebab mood swing yang lebih parah.

Temukan Teman yang Mendukung
Merasa gemuk dan “jelek” saat mencari baju hamil? Ajak seseorang bersama ibu yang akan berdiri di luar ruang ganti dan mengatakan betapa cantiknya dirimu. Ibu juga bisa mengajak teman ke pemeriksaan kehamilan, bisa saja pasangan, teman, atau kerabat. Ditemani, terutama saat melakukan tes ultrasound atau prosedur seperti amniosentesis, dapat membantu mengatasi rasa gugup.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar