Seri Huawei Nova 11 Diluncurkan dengan Komunikasi Satelit, Lensa Apertur Variabel, & Lainnya

Huawei Nova 11 Series. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Huawei baru saja mengadakan acara peluncuran baru di mana ia meluncurkan sejumlah produk baru. Meski begitu, seri smartphone Nova 11 tidak diragukan lagi menjadi sorotan acara ini. Jadi, inilah semua detail mengenai perangkat kelas menengah atas terbaru dari perusahaan.

Huawei Nova 11
Dilansir dari Gizmochina, Selasa (18/4/2023), model dasar pada jajaran terbaru menampilkan bodi yang tahan goncangan namun sangat tipis dengan lebar total hanya 6,88 mm, yang cukup mengesankan, dan berat hanya 168 gram. Raksasa teknologi China itu juga menawarkan rasio layar terhadap bodi 93,8% yang tinggi, sementara bodi perangkat menawarkan desain premium dengan penggunaan logam pada cincin kamera serta sisi-sisi smartphone.

Model vanilla Nova 11 Huawei akan menampilkan layar OLED datar 6,7 inci yang hadir dengan pelindung kaca Kunlun, kecepatan refresh 120Hz, dan resolusi FHD+.

Khususnya, seri Nova 11 secara umum adalah seri smartphone kelas menengah pertama di dunia yang menampilkan komunikasi satelit. Meskipun, model dasar Nova 11 hanya menawarkan komunikasi satu arah melalui satelit. Jajaran Nova 11 juga merupakan merek pertama yang menampilkan teknologi kamera Potret XD untuk sensor gambar depan dan belakang.

Hal itu memungkinkan untuk mengambil bidikan potret yang bagus dalam suasana pencahayaan yang berbeda dengan detail luar biasa untuk menangkap tekstur kulit, tekstur bayangan, warna yang akurat, dan lainnya untuk membuat bidikan tampak lebih kaya.

Nova 1 ditenagai oleh paket baterai 4.500mAh yang mendukung pengisian cepat 66W. Di bawah tenda, dilengkapi dengan 4G hanya Qualcomm Snapdragon 778G SoC yang dipasangkan dengan penyimpanan internal hingga 512GB. Bagian depan memiliki kamera selfie 60 megapiksel yang memiliki aperture f/2.4, sedangkan bagian belakang menampilkan sensor utama 50 megapiksel dengan aperture f/1.9, dipasangkan dengan lensa sudut ultra lebar 8 megapiksel yang memiliki aperture f/2.2, dan fokus otomatis laser.

Huawei Nova 11 Series. (Foto: Gizmochina)

Nova 11 Pro
Varian Pro kelas atas menampilkan banyak fitur yang sama dengan model dasar, tetapi dengan peningkatan tertentu. Nova 11 Pro menampilkan layar OLED melengkung 6,78 inci yang lebih tinggi yang memiliki resolusi 2652 x 1200px bersama dengan perlindungan kaca Kunlun dan kecepatan refresh 120Hz. Di bawah tenda, model ini juga dilengkapi dengan chipset Snapdragon 778G khusus 4G yang dipasangkan dengan penyimpanan internal hingga 512GB. Model ini juga ditenagai oleh paket baterai 4.500mAh yang mendukung pengisian cepat 100W yang mengesankan.

Untuk fotografi, ia memiliki kamera utama 50 megapiksel dengan bukaan f/1.9, yang dipasangkan dengan lensa sudut ultra lebar 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2, dan sensor kedalaman 2 megapiksel. Sementara itu, kamera depan memiliki kamera selfie 60 megapiksel yang memiliki aperture f/2.4 bersama dengan sensor potret 8 megapiksel yang juga memiliki aperture f/2.2.

Pengaturan kamera ganda tersebut bertujuan untuk menawarkan bidikan potret yang lebih baik bahkan dari kamera depan. Khususnya, kamera depan menawarkan hingga 2x optical zoom dan 5x digital zoom, sedangkan kamera belakang dapat menawarkan hingga 10x digital zoom.

Nova 11 Ultra
Berbicara tentang model kelas atas, Huawei Nova 11 Ultra menjadi model unggulan dalam seri kelas menengah atas ini. Ini olahraga layar OLED melengkung tinggi 6,78 inci yang memiliki resolusi 2652 x 1200px, perlindungan Kaca Kunlun, dan kecepatan refresh 120Hz. Mirip dengan dua model lainnya, perangkat ini juga ditenagai oleh paket baterai 4.500mAh yang mendukung pengisian cepat 100W. Selain itu, juga dilengkapi dengan varian 4G saja dari Snapdragon 778G SoC. Meskipun, model ini hanya tersedia dalam satu konfigurasi penyimpanan 512GB.

Khususnya, Nova 11 Ultra adalah smartphone kelas menengah pertama di dunia yang menawarkan lensa bukaan variabel pada kameranya. Di bagian belakang, kamera utama adalah sensor 50 megapiksel yang memiliki bukaan variabel mulai dari f/1.4 hingga f/4.0 (bukaan variabel juga ditawarkan pada Xiaomi 13 Ultra baru yang diluncurkan, yang merupakan ponsel andalan seharga USD1.000 atau Rp14,8 jutaan).

Ini dipasangkan dengan lensa sudut ultra lebar 8 megapiksel yang memiliki aperture f/2.2 dan sensor kedalaman 2 megapiksel. Di sisi lain, bagian depan memiliki pengaturan kamera ganda seperti Nova 11 Pro, dengan penembak sudut lebar 60 megapiksel dengan aperture f/2.4 dan lensa potret 8 megapiksel dengan aperture f/2.2.

Ketiga model dalam seri ini berjalan pada HarmonyOS milik Huawei. Berbeda dengan dua model lainnya, Nova 11 Ultra menawarkan fitur pengiriman pesan satelit Beidou dua arah. Ini pada dasarnya memungkinkan pengguna mengirim pesan bantuan cepat saat terjebak di area tanpa sinyal jaringan darat.

Fitur ini akan memungkinkan pelacakan yang akurat untuk memastikan operasi penyelamatan berlangsung cepat dan efisien. Perlu diingat bahwa perlindungan kaca Kunlun yang ditawarkan dikatakan jauh lebih tahan lama daripada Corning Gorilla Glass Victus 2.

Harga, Warna & Ketersediaan
Seri Nova 11 tersedia dalam beberapa pilihan warna dan penyimpanan. Pra-penjualannya akan dimulai pada 17 April 2023, dengan rilis penuh ditetapkan pada 26 April 2023. Model dasar dan versi Pro ditawarkan dalam empat varian warna, yaitu Hitam, Emas, Putih, dan No.11 (Hijau Terang) . Sedangkan Nova 11 Pro.

Sedangkan Nova 11 Ultra hanya ditawarkan dalam pilihan warna Hitam dan No. 11 namun memiliki panel belakang bertekstur unik yang meniru tekstur kulit. Huawei Nova 11 mulai dari 2.499 Yuan atau Rp5,3 jutaan, sedangkan Nova 11 Pro dan Nova 11 Ultra masing-masing mulai dari 3.449 Yuan atau Rp7,5 jutaan, dan 4.449 Yuan atau Rp9,7 jutaan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar