Sembari Kuliah, Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo Tekuni Bisnis Konveksi

Usaha konveksi milik Yogta Pramudya.

Sukoharjonews.com – Mahasiswa Prodi Komunikasi Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo Yogta Pramudya, sukses menekuni bisnis konveksi sembari kuliah.
Usaha tersebut bahkan sudah mulai ditekuni sejak masih duduk di bangku SMA dan terus berkembang.

Yogta memulai usaha konveksi ini karena ingin mencoba hal baru dan melihat peluang untuk menghasilkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Awalnya, ia merasa ragu karena persaingan yang cukup ketat di dunia konveksi. Namun, berbekal dukungan dari teman-teman sekolahnya, ia memutuskan untuk memulai usaha ini dengan fokus pada produk seperti PDH, PDL, kaos, almamater, jaket, hoodie, varsity, coach jacket, hingga bordir.

“Di awal, saya sempat “insecure” karena banyaknya saingan. Tapi, saya tetap mencoba, dan akhirnya usaha ini bisa berjalan dengan baik,” ujarnya, Sabtu (26/10/2024).

Untuk penentuan harga, Yogta menerapkan perhitungan yang melibatkan harga kain, biaya jahit, dan alat produksi, sehingga tetap bisa memberikan harga terjangkau namun berkualitas.

Dalam menjalankan bisnisnya, Yogta dibantu oleh enam karyawan yang bekerja di pagi hari sebelum ia berangkat kuliah. Ia membagi waktu dengan mendahulukan pekerjaan untuk para karyawan agar proses produksi tetap berjalan lancar. Promosi usaha dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dan TikTok, dua platform yang membantunya memperluas jangkauan pasar.

“Tantangan terbesar adalah membangun relasi dan mendapatkan pangsa pasar. Tapi, usaha ini mengajarkan saya untuk terus ulet, sabar, dan konsisten,” tutupnya.

Dengan tekad dan kerja keras, Yogta Pramudya berhasil menunjukkan bahwa seorang mahasiswa bisa produktif menjalani dua peran sekaligus: belajar dan berwirausaha. (mg-04/nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar