Seluas 9.000 Hektar Sawah di Sukoharjo Ditarget Tanam Padi MT I Hingga Akhir Januari Ini

Tanam padi menggunakan alsintan. (Dok)

Sukoharjonews.com – Memasuki musim tanam 1 (MT 1) ini, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo memathok target sawah seluas 8.000-9.000 hektar mulai melakukan tanam padi hingga akhir Januari ini. Saat ini, petani sendiri baru memulai melakukan tanam padi sehingga cakupan luas sawah baru sekitar 1.000 hektar.

“Petani masih banyak yang sedang olah lahan dan diperkirakan mulai tanam akhir Januari,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno, Kamis (18/1/2024).

Bagas melanjutkan, dinas terus mendorong petani segera melakukan tanam padi MT I karena cakupan luas lahan yang sudah tanam baru 1.000-an hektar. Dia berharap hingga akhir bulan target luasan lahan yang ditanami bisa tercapai.

“Artinya kami mengejar target diangka 7.000-8.000 hektar sawah untuk segera ditanami padi MT I sampai akhir Januari 2024. Kami tetap optimis karena petani sekarang sedang olah tanah dan ada yang sudah menyiapkan bibit padi dan tinggal tanam saja,” katanya.

Menurutnya, saat ini kebutuhan air tercukupi dari saluran irigasi dan juga dariair hujan sehingga diharapkan petani tidak mengalami kendala. “Sekarang memang mengejar olah tanah dulu karena kebutuhan air terpenuhi dari saluran irigasi dan hujan. Selanjutnya tinggal tanam padi saja,” ujar Bagas.

Bagas juga mengaku dinas mendorong agar petani melakukan tanam padi MT 1 secara serentak. Artinya lahan pertanian yang ada ditanami padi secara bersamaan. Bagas menegaskan, hal itu selain karena kondisi sekarang sudah tersedia stok air, juga dikarenakan untuk meminimalisir serangan hama dan potensi kerusakan dampak dari cuaca ekstrem seperti angin kencang dan banjir.

Untuk mempercepat proses tanam padi, dinas juga memberikan pendampingan penuh melalui kelompok tani dan gabungan kelompok tani. Penyuluh pertanian turun langsung mendampingi petani termasuk mencarikan solusi apabila ada masalah di lapangan. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar