Selain Menambah Nafsu Makan, Ini Manfaat Lain Temulawak

Manfaat temulawak untuk menambah nafsu makan.(Foto: kontan)

Sukoharjonews.com – Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dipakai sebagai obat tradisional. Ada berbagai penggunaan temulawak untuk kesehatan, salah satunya adalah lambung.

Dilansir dari Gooddoctor, Jum’at (20/9/2024), temulawak disebut dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai salah satu tumbuhan obat yang telah lama diakui, terutama di kalangan masyarakat Jawa. Segala macam manfaat yang dihasilkan oleh temulawak tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang aktif.

Seperti apa manfaat temulawak untuk lambung?
Lambung merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Berbagai masalah kesehatan pun kerap melanda organ ini. Berikut ini merupakan manfaat yang ditawarkan temulawak untuk kesehatan lambung:

Meredakan tukak lambung
Tukak lambung merupakan suatu kondisi saat terjadi kerusakan dari mukosa lambung yang diikuti oleh inflamasi. Penyebab penyakit ini beragam, mulai dari infeksi Helicobacter pylori hingga penggunaan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya menyebut ekstrak temulawak bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh efek samping indometasin yang merupakan salah satu obat golongan NSAID.

Penelitian tersebut melibatkan tikus putih galur wistar yang diinduksi indometasin yang menyebabkan tukak lambung pada hewan ini.
Dalam penelitiannya, para peneliti berkesimpulan jika pemberian ekstrak temulawak pada tikus-tikus tersebut telah berhasil mengurangi perdarahan di lambung tikus.

Mencegah kerusakan mukosa lambung
Sebuah penelitian di Universitas Lampung menyebut temulawak bermanfaat untuk mencegah kerusakan mukosa lambung.

Peneliti menyebut peran mukosa lambung ini sangat penting. Pasalnya, mukosa lambung yang ketahanannya terganggu akan menyebabkan pepsin dilepas dalam jumlah besar. Kondisi ini pun bisa berujung pada perdarahan di dinding lambung.
Dalam penelitian tersebut juga dikatakan jika antioksidan di dalam temulawak memberikan manfaat dalam melindungi kerusakan mukosa lambung. Kandungan antioksidan yang berperan adalah flavonoid, fenol dan kurkumin di dalam temulawak.

Manfaat temulawak untuk lambung yakni mengatasi penyakit maag
Penyakit maag kerap melanda dan mengganggu orang dengan mobilitas tinggi. Kemunculan penyakit ini membuat kualitas dan produktivitas menurun.

Manfaat lain temulawak
Selain untuk lambung, temulawak yang kerap dijadikan bahan obat tradisional ini juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

Menjaga kesehatan hati
Kandungan katagoya dalam temulawak sangat penting untuk membantu hati memproduksi empedu dan memberikan rangsangan untuk mengosongkan empedu

Mengurangi radang sendi
Kurkumin merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam temulawak. Senyawa ini sangat baik dalam mengurangi radang sendi.

Menurunkan lemak darah
Temulawak dapat menurunkan lemak darah. Fraksi kurkuminoid yang dihasilkan dari ekstrak temulawak merupakan senyawa yang penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Melancarkan pencernaan
Sakit perut, kembung adalah beberapa keluhan yang kerap mengganggu saluran pencernaan. Nah, jika kamu sering dilanda penyakit ini, cobalah untuk mengonsumsi temulawak secara rutin.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *