Segera Meluncur! Honda CBR400R Bermesin 400cc Empat Silinder Segaris

Honda CBR400R Four. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Setelah sekian lama menjadi incaran, akhirnya kita memiliki bukti krusial yang bisa memastikan keberadaan Honda CBR400R yang hadir dengan mesin 400cc empat silinder segaris. Setelah bukti terungkap, permohonan merek resmi di Jepang dengan nama “Honda CBR400R FOUR” pun diajukan.

Dikutip dari Greatbiker, Kamis (12/9/2024), bukti ini diungkapkan oleh media roda dua papan atas yang sangat andal, Young Machine, yang mengungkapkan bahwa Honda Jepang telah mengajukan merek dagang “CBR400R FOUR” pada tanggal 27 Agustus. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa nama tersebut akan digunakan oleh produk yang akan bersaing langsung dengan ZX-4R milik Kawasaki.

Dari merek tersebut terlihat jelas bahwa motor ini akan memiliki struktur mesin empat silinder. Dan ketika ada nama yang diawali dengan CBR400R, yang tentunya merupakan rangkaian motor sport full fairing milik perusahaan, itu menunjukkan arah produknya.

Sementara itu, jika melihat pasar saat ini, Honda juga memiliki produk CB400F SuperFour yang merupakan mobil sport telanjang ala JDM yang menggunakan mesin yang sama sebagai basisnya. Mengubah motor dari sport telanjang menjadi full fairing mungkin tidak sulit.

Mesin Honda CBR400R Four. (Foto: Greatbiker)

Honda CBR400R Four. (Foto: Greatbiker)

Hal yang penting adalah, jika dibandingkan dengan produk saat ini, CB400F SuperFour, ini merupakan sepeda motor Men Machine dengan sedikit keterlibatan elektronik. Oleh karena itu, jika ada perubahan pada CBR400R FOUR, diharapkan ada pembaharuan pada sistem keselamatan dasar.

Sistem Slipper Clutch dan sistem Kontrol Traksi diharapkan menjadi standar untuk kedua model. Ada juga kemungkinan sistem Throttle by Wire yang hadir dengan mode berkendara, termasuk sistem terbarunya yakni E-Clutch yang baru diluncurkan pada seri 650 pada akhir tahun lalu.

Menurut informasi dari sumber terpercaya, kemungkinan Honda akan mengembangkan kedua model barunya tersebut di China. Alasan utamanya adalah biaya produksi dan pengembangan yang lebih rendah, dan yang terpenting adalah tingkat pertumbuhan pasar sepeda motor sport full-fairing di China.

Pasca peluncuran Kove 400RR dan CFMoto VOOM 500SR, mungkin Honda akan kesulitan bersaing memperebutkan pasar besar di tingkat internasional. Namun jika diluncurkan di pasar China, sepertinya memiliki keunggulan dibandingkan Kawasaki. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *