Segera Hindari, Ternyata Ini Makanan yang Sebabkan Gigi Menguning

Makanan sebebakn gigi kuning.(Foto: klikdokter)

Sukoharjonews.com – Gigi yang putih berseri adalah keinginan banyak orang, karena tak hanya menunjukkan kondisi kesehatan, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi kenyataannya, hal yang diinginkan tidak selalu terwujud. Perubahan warna gigi membuatnya tidak seperti yang diharapkan.

Menurut Cleveland Clinic, gigi kuning terjadi karena banyak faktor, beberapa di antaranya tidak bisa dikontrol seperti bertambahnya usia atau pengaruh dari kondisi tubuh.

Selain itu, gaya hidup seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari juga berpengaruh terhadap warna gigi. Dikutip dari Jpnn, pada Sabtu (20/7/2024), berikut makanan yang dapat sebabkan gigi menguning:

1. Minuman energi dan jus jeruk
Meskipun minuman olahraga dan energi umumnya lebih sehat daripada soda, minuman tersebut tetap menimbulkan noda karena kandungan asam sitrat di dalamnya.

Meskipun rasa jeruknya enak, tetapi ada bahayanya. Selain minuman olahraga, Anda juga harus menghindari banyak jus yang diformulasikan seperti nanas, anggur, dan lemon. Varian buah jeruk, seperti lemon, jeruk, dan pomelo, mengandung tingkat keasaman lebih tinggi dibandingkan jus buah lainnya dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang.

2. Kopi dan teh
Seperti soda dan jus, minuman lain yang bisa merusak enamel gigi adalah kopi.

Minuman ini mengandung tanin yang bisa menodai dan menyebabkan perubahan warna dengan tingkat keasaman yang tinggi. Semakin kuat campuran kopinya, maka kandungan asamnya akan semakin keras.

Mirip dengan kopi, minuman pagi populer lainnya adalah teh. Meski teh memiliki varian herbal, tetapi tetap bisa menimbulkan noda meski tidak terlalu menonjol seperti produk kafein.

3. Soda
Meskipun soda memiliki rasa yang berbeda dengan minuman ringan dan makanan, bukan berarti tingkat keasamannya lebih rendah. Minuman soda dan minuman berkarbonasi lainnya bisa melemahkan enamel gigi karena tingkat pH yang rendah.

Senyawa gelapnya menyebabkan noda pada permukaan gigi, yang menyebabkan perubahan warna menjadi cokelat atau kuning. Kombinasi campuran asam dan pewarna inilah yang merusak enamel gigi Anda.

4. Wine
Seperti kopi, anggur mengandung tanin yang bisa menyebabkan erosi enamel. Banyak orang beranggapan bahwa anggur putih aman untuk diminum karena warnanya tidak sekuat merah dan mawar.

Namun, sifat asam yang lebih rendah tidak menghasilkan warna yang lebih terang. Mirip dengan cuka, potensi tingkat keasaman anggur tidak bergantung pada warnanya.

Maklum, beberapa minuman di daftar ini merupakan minuman yang mengotori gigi. Sebaiknya gunakan sedotan jika Anda ingin menghindari minuman ini menyebabkan noda ekstrinsik pada gigi Anda.

Hal ini akan mencegah permukaan depan gigi Anda bersentuhan langsung dengan cairan.

Cara cerdas lainnya untuk meminimalkan noda adalah dengan meminum air putih dan membilasnya di sekitar mulut Anda setelah atau bahkan saat Anda meminum minuman tersebut.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar