Sederet Tanaman yang Bisa Menyerap Panas di Rumah

Tanaman menyerap panas dirumah. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Banyak cara membangun suasana rumah yang sejuk meskipun saat musim kemarau. Salah satunya dengan menanam tanaman hias yang efektif menyerap karbon dioksida. Tanaman tersebut memiliki pori-pori daun yang efektif mengurangi karbon dioksida pada udara sekitar rumah untuk fotosintesis.


Dilansir dari House Keeping, Senin (02/10/2023), proses penyerapan ini disebut evapotranspirasi dan mendinginkan tanaman sama seperti transpirasi pada manusia. Karena proses tersebut, suhu udara di rumah menurun dan mengurangi panas. Tanaman apa saja itu? Berikut ini daftarnya.

1. Rubber tree
Tanaman ini mudah sekali tumbuh di banyak kawasan di Indonesia. Spesies tanaman rubber tree menyerap air melalui akar kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bawah daunnya. Nah, semakin banyak daun yang dimiliki tanaman ini, semakin banyak kelembapan yang dilepaskan. Tetapi saat menanamnya di rumah, letakkan tanaman hias berdaun tebal ini di tempat yang teduh. Ini karena pohon karet membutuhkan ruangan yang terang tetapi tidak tahan terpapar langsung matahari terik.

2. Pakis Boston
Anda tentu familiar dengan tanaman cantik ini. Biasanya ditanam sebagai tanaman gantung. Selain menyejukkan, tanaman ini dapat menyedot formaldehida, xilena, dan toluena dari udara. Pakis lebih menyukai tempat teduh yang parsial. Mereka menyukai sinar matahari pagi dan sore, tetapi tak bisa bertahan terkena paparan matahari terik. Perlu diketahui, tanaman ini membutuhkan penyiraman yang melimpah, tanah berkualitas, dan ruang yang luas untuk tumbuh.


3. Sansevieria
Dikenal popular sebagai tanaman lidah mertua, tanaman ini memiliki kemampuan menjernihkan udara dan mengatur suhu ruangan. Spesies ini sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik, seperti udara kering dan panas, kekurangan air, dan sedikit cahaya. Disarankan untuk menyiram hanya ketika media yang terakhir digunakan mengering.

4. Pothos
Tanaman merambat ini mampu mengatur suhu, serta menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehida, xilena, dan benzena. Sebagai tanaman dalam ruangan, tingginya bisa mencapai beberapa meter jika diberi perawatan cukup. Hasil terbaik dicapai dengan menyediakan cahaya tidak langsung. Tanaman ini mentolerir luminositas yang intens, tetapi sinar matahari langsung dalam waktu lama akan membakar daun. Umumnya hanya perlu disiram saat tanah terasa kering jika disentuh.

5. Spider ivy
Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara dan menyerap panas dengan cepat untuk menyeimbangkan suhu ruangan pada tempatnya diletakkan. Dalam ruangan, idealnya menempatkan di lokasi yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman cantik ini, hanya membutuhkan dua kali penyiraman dengan air lebih banyak setiap minggu. Namun pada musim hujan, hanya perlu disiram sekali seminggu saja.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *