Sederet Manfaat Tomat untuk Wajah, Bantu Jaga Kelembapan Kulit

Manfaat tomat untuk wajah. (Foto : Klik Dokter)

Sukoharjonews.com – Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, mulai dari vitamin C, kalium, beta-karoten, dan masih banyak lagi. Karena itulah, tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, termasuk kulit wajah.

Dilansir dari Siloam Hospital, Sabtu(16/09/2023), tomat merah segar seberat 100 gram mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya adalah:

-Energi: 24 kalori.

-Air: 92,9 gram.

-Serat: 1,5 gram.

-Protein: 1,3 gram.

-Kalium: 164,9 miligram.

-Fosfor: 77 miligram.

-Vitamin C: 34 miligram.

-Natrium: 10 miligram.

-Kalsium: 8 miligram.

-Zat besi: 0,6 miligram.

-Beta-karoten: 575 mikrogram.

Manfaat Tomat untuk Wajah
Terdapat sejumlah manfaat tomat untuk wajah yang sayang jika dilewatkan, mulai dari melembapkan kulit kering, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, meredakan peradangan pada kulit, merangsang produksi kolagen, hingga mengurangi risiko kanker kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menjaga Kelembapan Kulit
Manfaat tomat untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, tomat mengandung kadar kalium yang tinggi sehingga dapat menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh. Bahkan, penggunaan masker tomat secara rutin diketahui dapat membantu meredakan gejala dermatitis atopik atau eksim.

2. Meredakan Peradangan pada Kulit
Meredakan peradangan pada kulit merupakan salah satu manfaat tomat untuk wajah yang sayang jika dilewatkan. Hal ini dikarenakan tomat diperkaya dengan berbagai senyawa yang bersifat antiinflamasi, seperti likopen, beta-karoten, serta vitamin C sehingga mampu meredakan peradangan serta iritasi pada kulit.

3. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet
Di samping menggunakan sunscreen, rutin memakai masker tomat dalam rangkaian perawatan wajah sehari-hari juga dapat mengoptimalkan perlindungan kulit terhadap paparan sinar ultraviolet dari cahaya matahari. Pasalnya, kandungan likopen di dalam tomat memiliki sifat fotoprotektif yang dapat mencegah sunburn dan melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih.

4. Mengendalikan Produksi Sebum Berlebih
Kandungan asam salisilat pada tomat dipercaya mampu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit wajah. Sebum sendiri merupakan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan kulit wajah. Namun, jika terdapat sebum berlebih pada kulit wajah, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori kulit sehingga berisiko menimbulkan jerawat.

5. Merangsang Produksi Kolagen
Manfaat tomat bagi kulit wajah berikutnya adalah mampu merangsang produksi kolagen yang berfungsi untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit. Hal tersebut diketahui dapat membantu mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, keriput, flek hitam, dan lain sebagainya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar