Sederet Manfaat Tersembunyi dari Rebung

Manfaat rebung. (Foto: healthiersteps)

Sukoharjonews.com – Rebung adalah tanaman bambu pertama yang empuk dan dapat dimakan, dan sering dimakan dalam masakan Asia Timur sebagai tambahan untuk sup dan tumis.

Dilansir dari healthiersteps, Senin (22/1/2024), Rebung merupakan makanan eksotik di banyak negara Asia karena biasa digunakan dalam berbagai masakan, termasuk kaldu. Mereka tersedia di toko kelontong dalam berbagai bentuk, termasuk segar,kering, dan kalengan. Secara tradisional, rebung telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok sebagai senyawa uterotonika untuk membantu menginduksi kontraksi rahim selama bulan terakhir kehamilan, terutama ketika seseorang telah melewati tanggal persalinan.

Rebung sering kali direndam, dimasak, diasamkan, atau direbus sebelum ditambahkan ke berbagai hidangan, termasuk sup, tumis, salad, dan kari. Rebung rendah gula dan kandungan kalori, tinggi protein dan serat, kaya akan mineral dan vitamin, serta menawarkan efek yang menggugah selera. Mereka juga enak dan bergizi, dengan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan
1. Mempromosikan penurunan berat badan

Rebung adalah makanan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori tetapi tinggi serat, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebuah ulasan menemukan bahwa konsumsi tinggi serat makanan meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut tanpa perubahan gaya hidup lebih lanjut.

Dalam sebuah penelitian laboratorium, rebung terbukti meningkatkan kesehatan usus, yang menawarkan perlindungan terhadap penambahan berat badan. Hal ini menunjukkan bahwa rebung tidak hanya membantu penurunan berat badan, namun bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
Rebung kaya akan fitosterol, ideal untuk menurunkan LDL berbahaya atau kolesterol jahat. Ini meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Fitosterol adalah sterol tumbuhan atau senyawa alami yang memiliki efek mirip kolesterol. Saat dikonsumsi, senyawa tersebut bersaing dengan kolesterol tubuh untuk diserap di saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan membatasi penyerapannya, sehingga menyebabkan penurunan kadar kolesterol Anda.

Dalam sebuah penelitian , mengonsumsi 12,7 ons rebung ditemukan menurunkan kolesterol total dan LDL dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, rebung juga kaya akan potasium, nutrisi penting untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

3. Membantu menyehatkan pergerakan usus dan meredakan sembelit
Karena tingginya kadar serat makanan, mengonsumsi rebung dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Konsumsi serat yang tinggi juga dapat meningkatkan aspek kesehatan pencernaan lainnya, termasuk melindungi terhadap divertikulitis, wasir, dan kanker kolorektal. Selain itu, serat dalam pucuk mambo dapat membantu memberi Anda bakteri usus yang baik, sehingga membantu meningkatkan populasi dan keanekaragamannya. Penelitian menunjukkan bahwa menjaga kesehatan usus sangat penting untuk mencegah kondisi metabolisme, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

4. Penguat kekebalan tubuh
Sistem kekebalan adalah pertahanan alami tubuh kita terhadap infeksi. Itu terdiri dari sel-sel yang bekerja sama untuk mengidentifikasi dan menghancurkan apa pun yang dapat membahayakan kita, termasuk bakteri, virus, dan organisme lain. Bambu telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara. Penelitian telah menemukan bahwa bambu dapat membantu melawan alergi, asma dan masalah pernapasan lainnya, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum. Untuk sistem pernafasan, rebusan rebung sering dibuat dengan cara merebus rebung dan menambahkan sedikit madu ke dalam cairannya dapat membantu meringankan masalah pernafasan.

Salah satu cara bambu yang paling mengesankan dapat membantu sistem kekebalan tubuh adalah dengan meningkatkan produksi sel darah putih. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh terhadap infeksi, dan penelitian menemukan bahwa bambu dapat membantu meningkatkan produksinya hingga 50 persen. Jadi jika Anda mencari cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalantubuh, pastikan untuk memasukkan rebung ke dalam makanan Anda!

5. Mengatur kadar gula darah
Rebung tidak hanya baik untuk makanan. Mereka juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes. Mereka memiliki indeks glikemik rendah dan memberikan pelepasan gula secara perlahan ke dalam aliran darah. Ini karena buah ini tinggi serat dan rendah gula, menjadikannya pilihan yang sangat
baik bagi orang yang ingin menjaga gula darah tetap terkendali. Selain itu, rebung merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semua sifat ini berfungsi untuk menjaga kadar glukosa tetap rendah dan mengurangi risiko terkena diabetes.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar