Sederet Makanan yang Dapat Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan

Makanan yang Dapat Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan. (Foto: good doctor_

Sukoharjonews.com – Mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan Anda sangat penting untuk memastikan pertumbuhan tinggi badan yang optimal, meskipun tinggi badan Anda sebagian besar ditentukan oleh genetika.

Dilansir dari decathlon, Rabu (27/12/2023), Selain zat gizi mikro tersebut, kesehatan tulang yang penting untuk pertumbuhan dipengaruhi oleh kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor. Probiotik, kategori bakteri bermanfaat yang sering ditemukan dalam makanan fermentasi, juga dikaitkan dengan peningkatan pertumbuhan pada anak-anak, menurut penelitian terbaru. Simak berikut ini

1. Kacang
Kacang adalah sumber protein yang luar biasa dan cukup padat nutrisi. Telah dibuktikan bahwa protein meningkatkan kadar faktor pertumbuhan mirip insulin 1, suatu hormon penting yang mengontrol peningkatan tinggi badan anak. Selain kaya akan zat besi dan vitamin B, kacang-kacangan juga dapat membantu menangkal anemia, penyakit yang ditandai dengan kekurangan sel darah merah yang sehat. Zat besi tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan jaringan, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan pertumbuhan anak lebih lambat. Kacang juga merupakan sumber serat, tembaga, magnesium, mangan, seng, dan elemen lainnya yang baik.

2. Ayam
Ayam merupakan makanan yang bagus untuk menambah tinggi badan karena tinggi protein dan beberapa komponen penting lainnya. Ini sangat tinggi vitamin B12, vitamin yang larut dalam air yang penting untuk menjaga dan menambah tinggi badan. Taurin, asam amino yang mengontrol pertumbuhan dan pembentukan tulang, juga berlimpah di dalamnya. Selain itu, makan ayam seberat 3 ons (85 gram) mengandung sekitar 20 gram protein. Ayam merupakan sumber yang kaya akan niasin, selenium, fosfor, dan vitamin B6, meskipun profil nutrisi sebenarnya dapat sedikit berbeda tergantung pada teknik pemotongan dan memasak.

3. kacang almond
Banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menambah tinggi badan berlimpah dalam kacang almond. Mereka juga memiliki banyak lemak baik dan kaya serat, mangan, dan magnesium. Almond juga merupakan sumber vitamin E yang baik, vitamin yang larut dalam lemak dan antioksidan. Pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak adalah salah satu dampak negatif yang signifikan dari kekurangan vitamin penting ini. Selain itu, almond dapat meningkatkan kesehatan tulang. Konsumsi almond ditemukan dapat mencegah pertumbuhan osteoklas, sejenis sel yang merusak jaringan tulang, dalam satu percobaan kecil yang melibatkan 14 orang.

4. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran hijau sangat bermanfaat dalam hal menambah tinggi badan Anda. Contohnya termasuk bayam, kangkung, arugula, dan kubis. Sayuran hijau sering kali mengandung sejumlah vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium dalam jumlah terkonsentrasi, meskipun jumlah mineral yang tepat bervariasi antara varietas yang berbeda. Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin K, zat yang membantu mendukung peningkatan kepadatan tulang dan pemeliharaan tinggi badan dengan mendukung pertumbuhan. Bahkan sebuah penelitian yang melibatkan 103 wanita mengungkapkan penurunan yang signifikan terhadap kemungkinan penurunan massa tulang ketika sayuran hijau dikonsumsi secara teratur.

5. Yoghurt
Protein hanyalah salah satu komponen penting yang ditemukan dalam yoghurt yang penting untuk meningkatkan tinggi badan Anda. Yoghurt Yunani mengandung hampir 20 gram protein hanya dalam 7 ons (200 gram). Beberapa varietas juga mengandung probiotik, sejenis bakteri bermanfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan usus. Probiotik telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, dan menurut beberapa penelitian, dapat membantu pertumbuhan anak-anak. Selain itu, yoghurt merupakan sumber kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, yang semuanya penting untuk metabolisme tulang.patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar