Sederet Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Makanan yang baik untuk kulit. (Foto: Allure)

Sukoharjonews.com – Polusi, sinar matahari, dan penuaan berdampak buruk pada kulit Anda. Begitu pula stres dan gaya hidup tidak sehat – tidak ada yang bisa kita hindari.

Dilansir dari Pharmeasy,Kamis (8/2/2024), ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan kerusakan yang telah terjadi pada kulit Anda dan membuatnya bersinar alami. Dan Anda dapat melakukannya tanpa harus menjalani sesi mahal di salon kecantikan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah pola makan Anda.Berikut makanan yang baik untuk kesehatan

Lagipula, mereka yang selalu berusaha untuk memahami lebih banyak tentang dunia adalah orang-orang cerdas dalam hal-hal yang paling penting – rasa ingin tahu, kesadaran diri, dan pemikiran kritis, dan masih banyak lagi.

Alpukat
Kulit Anda lembut dan kenyal karena mengandung elastin dan kolagen. Mereka memberikan elastisitas pada kulit Anda. Namun seiring bertambahnya usia, tubuh Anda memproduksi lebih sedikit zat tersebut. Itu sebabnya kulit Anda mulai kehilangan elastisitasnya. Ini adalah bagian alami dari proses penuaan. Tapi alpukat mengandung banyak lemak sehat, yang bisa memperlambatnya.

Eksperimen menunjukkan bahwa makanan sehat menjaga kulit Anda tetap kencang dan kenyal. Alpukat juga melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Ikan Berlemak
Bagi orang yang tidak mempermasalahkan protein hewani, ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Asam lemak omega 3 meningkatkan kesehatan jantung Anda. Itu berarti sirkulasi darah Anda meningkat yang sangat penting untuk kesehatan kulit lembab. Tanpa asam lemak ini, kulit Anda mungkin menjadi terkelupas dan kering.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Segala jenis kacang-kacangan dan biji-bijian bersahabat dengan kulit Anda. Mereka mengandung lemak dan Vitamin E yang menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan halus. Mereka mendorong tubuh Anda memproduksi kolagen, yang membuat kulit Anda tetap kenyal.

Ubi Jalar dan Wortel
Kedua sayuran ini kaya akan beta-karoten. Tubuh Anda mengubah antioksidan penting ini menjadi Vitamin A. Beta-karoten dan Vitamin A tidak hanya menjaga kulit Anda terlihat lembut, tetapi juga bertindak sebagai tabir surya alami.

Selain wortel dan ubi jalar, beta-karoten ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran lain seperti aprikot, melon, mangga, pepaya, dan labu, dan bertanggung jawab atas warna oranye pada buah-buahan tersebut. Wortel juga kaya akan magnesium, yang membantu mengendurkan saraf dan otot.

Paprika
Paprika kuning dan merah juga kaya akan Vitamin A dan Vitamin C. Keduanya dapat memperbaiki kulit, mendorong pertumbuhan sel-sel baru, dan meningkatkan produksi kolagen.

Tomat
Tomat mengandung beragam karotenoid seperti lutein, beta-karoten, dan likopen. Mereka dapat menghentikan munculnya kerutan di kulit Anda seiring waktu. Mereka juga dapat melindungi kulit Anda dari dampak buruk polusi dan sinar matahari.

Brokoli
Brokoli kaya akan banyak nutrisi. Mengandung karotenoid, zinc dan Vitamin A dan C yang semuanya bermanfaat untuk kulit Anda. Namun yang terpenting, ia merupakan sumber nutrisi khusus sulforaphane yang dapat mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker kulit. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar