Sederet Kebiasaan Minum yang Ternyata Bikin Kulit Cepat Keriput

Minuman yang bikin keriput. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Seiring bertambahnya usia seseorang, tanda-tanda penuaan biasanya akan mulai tampak pada kulit, beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan ialah seperti merokok, tidak melindungi kulit dari sinar matahari, dan tidak menggunakan pelembap.


Dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (24/8/2023) , tentu juga ada beberapa kebiasaan lain yang bisa bikin kulit jadi cepat keriput dan menua. Salah satunya dari kebiasaan minum yang tidak baik, berikut beberapa kebiasaan minum yang ternyata bisa bikin kulit cepat keriput.

1. Lebih Memilih Minum Jus Kemasan
Apakah selama ini kamu lebih sering memilih minum jus kemasan sebagai pengganti buah,jangan sampai kamu menyangka bahwa jus kemasan memiliki kandungan yang sama dengan buah asli atau jus buah segar.

Pasalnya, meski label jus kemasan sering menyebutkan bahwa minuman tersebut mengandung 100 persen buah asli, namun jangan langsung percaya. Karena jus kemasan mengandung gula tambahan yang tinggi. Jika kamu sering mengonsumsinya, tentu hal ini bikin kulitmu cepat keriput.

Jika kamu mulai bosan minum air putih, kamu dapat menambahkan potongan lemon, stroberi, daun mint, atau buah lainnya agar dapat menambah rasa.

2. Sering Minum Soda
Terlalu sering minum minuman bersoda, juga bisa bikin kulitmu cepat tua lho! Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung gula yang tinggi dan juga memicu banyak masalah kesehatan.

Dikutip dari Eat This, Not That, ahli diet Edibel Quintero mengatakan, bahwa selain memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan berbagai penyakit, terlalu sering minum minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko penuaan dini.

Menurut American Journal of Public Health, soda juga terbukti benar-benar mempercepat proses penuaan sel-sel dalam tubuh.


3. Minum Minuman dengan Pemanis Buatan
Jangan mengira bahwa mengganti minuman manis bergula dengan minuman manis pengganti gula adalah lebih baik. Tentu saja tidak Beauties, kerusakan yang ditimbulkan juga sama.

Ahli diet Mindy Haar mengatakan, bahwa banyak orang beralih ke minuman dengan pemanis non-nutrisi seperti sukralosa (Splenda). Padahal, minuman jenis ini mengandung lebih banyak kalori daripada minuman bersoda. .

4. Sering Minum Alkohol
Orang yang mempunyai kebiasaan minum alkohol akan sulit untuk mempertahankan penampilan yang muda dan segar, karena hal ini bisa bikin kulit cepat keriput.

“Alkohol bisa menyebabkan lebih banyak kecelakaan, serta jatuh dan patah tulang yang memiliki efek lebih merusak seiring bertambahnya usia,” kata Dr. Haar.

Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker dan kerusakan hati. Pada perempuan, Alkohol dapat memperburuk kondisi osteoporosis yang sudah ada sebelumnya, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

5. Kurang Minum
Penting untuk memastikan tubuh agar selalu tetap terhidrasi sepanjang hari. Karena kekurangan cairan juga akan membuat seseorang terlihat lebih cepat tua.

“Hidrasi yang memadai penting sepanjang hidup, karena air menyediakan lingkungan untuk reaksi metabolisme, serta bahan bangunan untuk bagian tubuh, termasuk kulit,” jelas Haar.

Sementara itu, penelitian terbaru yang dipublikasikan di The Lancet mengungkapkan, bahwa dehidrasi kronis adalah faktor utama dalam mempercepat proses penuaan, dan bahkan memperpendek umur melalui penyakit kronis atau kematian dini.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *