Sederet Kalimat Afirmasi Positif yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

Kalimat afirmasi menjaga kesehatan mental. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Pernahkah kamu mengawali hari dengan perasaan yang kurang bersemangat? Mungkin sekarang saatnya buat menerapkan afirmasi diri yang bisa dicoba mulai hari ini. Masih ada yang jarang menyadarinya kalau ternyata kalimat afirmasi positif bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang.

Dilansir dari CNBC Make It, Selasa (12/62023), melalui kata-kata positif yang diucapkan setiap harinya, bisa meningkatkan rasa percaya diri sekaligus ketenangan hati. Tertarik mencobanya? Berikut sejumlah contoh kalimat afirmasi positif yang bisa kamu ucapkan setiap harinya!

1. “Aku akan tetap mencobanya.”
Rasa takut ataupun khawatir sering kali justru bisa menjadi musuh terbesar bagi seseorang buat mencoba suatu hal. Alih-alih membiarkan perasaanini berlarut, cobalah untuk meyakinkan diri sendiri untuk tetap mencobanya. Diungkap melalui CNBC Make It, kalimat seperti, “aku akan tetap mencobanya” memupuk rasa aman sekaligus memberi tahu diri sendiri kalau semua akan baik-baik saja. Terlepas dari hasilnya yang akan sukses ataupun gagal, setidaknya orang itu sudah mencoba.

2. “Inilah aku dan aku bangga karenanya.”
Selanjutnya, perilaku self-love alias mencintai diri sendiri juga penting dimiliki untuk membantu menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan mengatakan kalimat afirmasi seperti, “inilah aku dan aku bangga karenanya.” Masih diungkap melalui sumber yang sama, kalimat semacam itu dapat memberikan energi positif bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

3. “Hari ini akan terasa menyenangkan.”
Buat kamu yang mungkin sering tak bersemangat dalam memulai hari, kalimat yang satu ini cocok buat diucapkan setiap pagi. Cobalah mengatakan kalimat, “hari ini akan terasa menyenangkan.” Cara ini dilakukan sebagai salah satu bentuk niat untuk mencapai hal-hal baik secara nyata.

4. “Aku memang keren”
Memberikan banyak cinta untuk diri sendiri dapat membantu perasaan menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memberikan banyak pujian setiap harinya bagi diri sendiri. Seperti kalimat “aku memang keren” yang bisa diucapkan kapan saja. Cara ini dapat membantu meningkatkan rasa syukur sekaligus kepercayaan diri dalam melakukan berbagai hal.

5. “Aku punya kekuatan dan keyakinan di dalam diri.”
Last but not least, melihat lebih dekat diri sendiri juga perlu dilakukan loh. Sering kali seseorang mencari jawaban untuk lebih bersemangat ataupun merasa baik-baik saja dari luar, padahal dia punya di dalam dirinya.

Seperti dilansir melalui She Owns Success, kalimat “aku punya kekuatan dan keyakinan di dalam diri” dapat mengingatkan seseorang untuk lebih yakin dalam mencoba apapun yang benar-benar mampu dilakukannya. Hal ini pun membantu mereka meraih pencapaian ataupun kesuksesan. Selamat mencoba. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar