Ragam  

Sederet Fakta Unik Teratas Tentang Antartika

Fakta antartika.(Foto:bored panda)

Sukoharjonews.com – Saatnya menjelajahi negeri ajaib yang dingin di dasar dunia: Antartika. Ungkap misteri, keajaiban, dan karakteristik unik dari benua terpencil dan menarik ini. Dari iklimnya yang ekstrem dan bentang alamnya yang menakjubkan hingga kepentingan ilmiahnya yang tak tertandingi dan satwa liarnya yang luar biasa, Antartika menyimpan banyak rahasia yang menunggu untuk ditemukan.


Dilansir dari funkidslive, Senin (2/9/2024), Antarktika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan di Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antarktik dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia. Dengan luas 14.0 juta km², Antarktika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

1. Antartika adalah gurun terluas di dunia.
Antartika adalah gurun terluas di dunia berdasarkan luasnya. Meskipun tertutup es, wilayah ini hanya menerima sedikit curah hujan, sehingga secara teknis menjadi gurun. Bahkan lebih kering daripada beberapa gurun panas di dunia seperti Sahara.

2. Itu adalah tempat terdingin di Bumi.
Suhu terendah yang pernah tercatat di Bumi terjadi di Antartika. Pada tanggal 21 Juli 1983, Stasiun Vostok Soviet mencatat suhu yang sangat dingin yakni -89,2 derajat Celsius.

3. Es di Antartika dapat mencapai ketebalan 3 mil
Es di Antartika sangat tebal, dengan ketebalan rata-rata sekitar 1,2 mil. Di beberapa tempat, esnya bisa setebal 3 mil


4. Menampung sekitar 70% air tawar dunia.
Antartika menampung sekitar 70% air tawar dunia dalam bentuk es. Jika semua es mencair, hal itu akan berkontribusi signifikan terhadap kenaikan permukaan air laut global.

5. Antartika tidak memiliki penduduk tetap
Meskipun Antartika tidak memiliki penduduk tetap, namun ada penduduk sementara. Selama bulan-bulan musim panas, para ilmuwan dan staf pendukung dari berbagai negara menghuni stasiun penelitian di seluruh benua.

Akan tetapi, populasinya menurun drastis selama bulan-bulan musim dingin yang keras.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *