Sederet Cara Sederhana dan Alami Ini untuk Kurangi Double Chin

Cara menghilangkan doublechin. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Dagu berlipat atau double chin seringkali menjadi sesuatu yang memalukan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Dagu berlipat merupakan hal yang cukup normal.

Dilansir dari Boldsky, Senin (22/5/2023), ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan produksi kolagen, protein yang membantu menjaga kulit tetap kencang jadi melambat. Jadi, hal inilah yang dapat menyebabkan lemak menumpuk di area dagu, sehingga menimbulkan double chin.

Selain beberapa tindakan medis yang dapat menghilangkan double chin, kamu juga dapat melakukan beberapa cara sederhana dan alami untuk mengurangi double chin.

1. Latih Otot Leher
Untuk mengurangi double chin, kamu perlu melatih otot lehermu. Dengan memperkuat otot di leher dan rahang, maka dapat membantu mengurangi munculnya dagu berlipat.

Lakukan latihan dengan memiringkan kepala ke belakang dan menahannya selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi latihan ini 10 kali.

2. Pijat Area Dagu
Selain cara melatih otot leher, kamu juga dapat mengurangi double chin dengan cara memijat area dagu. Lakukan gerakan melingkar pada area dagu dengan ujung jari dan pijat area tersebut selama 5 menit.

3. Kunyah Permen Karet Bebas Gula
Siapa sangka, ternyata mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi munculnya double chin, lho! Hal ini lantaran dapat membantu melatih otot-otot di leher dan rahang.

4. Ubah Postur Tubuh
Melakukan introspeksi diri memberikan kesempatan untuk memberi sejumlah pertanyaan kepada diri sendiri. Misalnya saja, tentang bagaimana suatu peristiwa bisa menimpa, bagaimana sebuah kesalahan dapat terjadi, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak melulu harus menanyakan “mengapa sesuatu dapat terjadi” tapi lebih kepada “apa yang menyebabkan sesuatu dapat terjadi”. Dengan begini, judge terhadap diri sendiri dapat diminimalkan.

Tahukah kamu, bahwa postur tubuh yang buruk dapat membuat double chin terlihat lebih buruk lho! Karena itu, kamu perlu mengusahakan agar dagu tetap tegak dan punggung lurus saat duduk atau berdiri.

Karena postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan otot-otot di area leher dan dagu melemah, dan dapat menyebabkan dagu berlipat tampak lebih menonjol.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Tak ketinggalan, penting bagimu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Karena hal tersebut dapat membantumu mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi munculnya double chin.

Karena itu, perbanyak konsumsi buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

6. Kurangi Gula Olahan
Untuk membantu mengurangi double chin, kamu perlu mengurangi gula olahan. Karena seperti yang telah diketahui, mengonsumsi banyak gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sehingga juga ikut menambah munculnya double chin.

Karena itu, batasi jumlah gula olahan seperti biskuit, kue, dan camilan manis lainnya.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar