Sedang Populer, Ini Manfaat Clover Honey bagi Kesehatan

Manfaat clover honey. (Foto : Honestdocs)

Sukoharjonews.com -Clover honey merupakan salah satu jenis madu yang sedang popular karena memiliki rasa manis dan wangi serta bermanfaat bagi kesehatan.


Dilansir dari honestdocs, Sabtu(16/09/2023),Clover honey mengandung sejumlah nutrisi bagi tubuh, yaitu 60 kalori dan 17 gram karbohidrat serta magnesium, zat besi, kalium, dan zinc, sejumlah manfaat clover honey bagi kesehatan antara lain mengurangi risiko radikal bebas dan membantu mengobati lukahidup.

Madu jenis clover honey mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat umum belakangan ini. Namanya semakin mencuat dan menjadi perbincangan karena banyak orang yang membeli dan mengonsumsi madu ini. Clover honey dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh karena kandungan nutrisinya. Apa saja manfaat clover honey, simak berikut ini

1. Bertindak sebagai antivirus dan antibakteri
Hampir setiap jenis madu, termasuk clover honey memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Sebuah penelitian menyebut bahwa madu jenis clover honey memiliki sifat anti bakteri yang kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Begitupun dengan kandungan antivirus pada clover honey yang diperkirakan efektif bila dioleskan pada kulit yang terinfeksi virus cacar air (Varicella Zoster).

2. Mengurangi risiko radikal bebas
Clover honey dikenal memiliki kandungan antioksidan berupa asam fenolik dan flavanol anti-inflamasi yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko radikal bebas penyebab kerusakan sel dalam tubuh, termasuk memperbaiki kerusakan organ hati (liver) dan mencegah munculnya efek penuaan pada kulit.


3. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat clover honey lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi clover honey, secara tidak langsung kadar kolesterol dalam darah juga dapat terjaga sehingga menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan pembuluh darah.

4. Mengobati dan mempercepat penyembuhan luka
Kandungan anti inflamasi atau anti peradangan clover honey juga bisa digunakan untuk mengobati luka dengan mengurangi efek peradangan pada kulit, mempercepat pembentukan jaringan baru pada kulit, dan membantu mengatasi masalah infeksi pada kulit akibat bakteri.

5. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Rasa manis yang berasal dari kandungan gula alami clover honey bisa dijadikan alternatif terutama bagi penderita diabetes. Meski demikian, clover honey tetap harus dikonsumsi dengan batasan dan aturan pakai yang tepat. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *