Sedang Mengalami Gangguan Pencernaan? Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut

Makanan memperburuk pencernaan. (Foto: times of india)

Sukoharjonews.com – Gangguan pencernaan sering dianggap sepele sampai dengan penyakit tersebut benar-benar mengganggu aktivitas yang sedang djalani. Tanpa sadar, makanan yang dikonsumsi setiap hari bisa menyebabkan gangguan pencernaan semakin parah.

Padahal mengonsumsi makanan yang seimbang untuk saluran pencernaan bisa membuat tubuh bekerja secara efisien serta memelihara kesehatan dengan baik. Dikutip dari Cleveland Clinic, pada Selasa (23/5/2023), simak makanan yang harus dihindari saat Anda sedang mengalami gangguan pencernaan berikut:

1. Makanan Busuk atau Tidak Dicuci
Bakteri dari makanan lama atau mentah dapat menyebabkan keracunan makanan , kram, atau masalah lain jika masuk ke sistem tubuh Anda. Sebaliknya, makan lebih banyak biji-bijian atau sayuran yang dimasak untuk meningkatkan serat guna meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

2. Produk susu
Vitamin D tidak hanya harus berasal dari produk susu, keju, dan krim. Pilihlah salmon dan sayuran hijau sebagai gantinya. Masih mendambakan yogurt parfait itu? Cobalah yogurt Yunani (tanpa tambahan gula, sirup, atau lemak), yang tidak mengandung laktosa.

3. Makanan asam
Makanan asam tinggi, seperti jeruk, grapefruit, tomat, dan lemon dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengiritasi lapisan perut Anda. Lebih banyak pilihan hambar, seperti apel dan pisang, atau sayuran kaya serat seperti asparagus, bawang bombay, dan artichoke, adalah pilihan yang lebih aman.

4. Alkohol
Saat Anda bersantai dengan segelas anggur di malam hari, begitu juga sfingter di kerongkongan Anda, meningkatkan tingkat mulas Anda. Pilihlah segelas air yang tinggi sebagai gantinya agar semuanya berjalan lancar. Ini adalah hal terbaik yang dapat Anda minum untuk sistem pencernaan yang sehat.

5. Makanan Pedas dan Panas
Makanan dengan sedikit tendangan bisa memicu masalah seperti mulas . Untuk bantuan, cobalah memasukkan lebih banyak jahe ke dalam makanan Anda. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah untuk membantu, itu adalah obat tradisional yang dapat membantu perut Anda kosong dengan benar. Jika Anda harus membumbui makanan Anda, cobalah membumbui dengan sedikit kayu manis atau jintan untuk efek yang lebih lembut. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar