Sedang Mengalami Depresi? Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut

Makanan dan minuman mencegah depresi. (Foto: cnn)

Sukoharjonews.com – Salah satu aspek kesehatan mental yang sering diabaikan adalah nutrisi. Padahal, makanan tak hanya memainkan peran penting dalam kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental dan emosional kita.


Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat juga menjadi cara yang bagus dalam menjaga kesehatan mental. Dikutip dari WebMD, pada Sabtu (13/5/2023), berikut adalah makanan dan minuman yang dapat mengurangi gejala depresi Anda:

1. Susu
Jika Anda memiliki tingkat nutrisi yang sangat rendah dalam tubuh Anda, kadang-kadang dapat menyebabkan depresi. Satu penelitian di Norwegia menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D kurang depresi setahun kemudian dibandingkan mereka yang tidak. Tidak suka susu? Tingkatkan D dalam diet Anda dengan sereal dan jus yang diperkaya, dan ikan kaleng.


2. Kerang
Favorit makanan laut ini adalah sumber B-12 yang baik. Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang dengan kadar vitamin yang rendah lebih mungkin mengalami depresi. Mungkin kekurangan itu menyebabkan kekurangan zat yang disebut s-adenosylmethionine (SAM), yang dibutuhkan otak Anda untuk memproses bahan kimia lain yang memengaruhi suasana hati Anda. Jika Anda mencari makanan B-12 lainnya, cobalah daging sapi tanpa lemak, susu, dan telur.

3. Kopi
Sentakan kafein bisa menjadi penenang yang membantu Anda merasa lebih termotivasi. Tetapi jika Anda mengalami depresi pascapersalinan atau gangguan panik, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal itu mungkin memperburuk gejala Anda. Peneliti lain mengatakan secangkir joe dapat menurunkan risiko depresi, meskipun mereka tidak yakin mengapa.


4. Kacang Brazil
Camilan ini kaya akan selenium, yang membantu melindungi tubuh Anda dari partikel kecil yang merusak yang disebut radikal bebas. Satu studi menemukan bahwa orang muda yang tidak memiliki cukup nutrisi ini dalam diet mereka lebih cenderung mengalami depresi. Para peneliti tidak dapat mengatakan bahwa selenium yang rendah menyebabkan depresi. Hanya satu kacang Brazil yang memiliki hampir setengah dari kebutuhan mineral harian Anda, jadi berhati-hatilah untuk membatasi berapa banyak yang Anda makan. Makanan lain dengan mineral ini termasuk nasi merah, daging sapi tanpa lemak, biji bunga matahari, dan makanan laut.


5. Ikan Salmon
Ini dan ikan lainnya seperti herring dan tuna kaya akan lemak tak jenuh ganda. Para peneliti berpikir itu dapat membantu Anda melawan depresi. Salah satu jenis lemak ini, yang disebut asam lemak omega-3, dapat membantu sel-sel otak menggunakan bahan kimia yang dapat memengaruhi suasana hati Anda. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa orang yang tidak depresi memiliki kadar omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengalami gangguan mood. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *