Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI

Sayuran yang punya banyak manfaat untuk MPASI.(Foto: popmama)

Sukoharjonews.com – Sayuran merupakan sumber nutrisi yang penting dan sangat dibutuhkan dalam MPASI bayi. Selain memberikan rasa pada masakan, sayuran kaya akan serat makanan, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menambahkan sayuran dalam setiap menu MPASI untuk si Kecil.


Dikutip dari Mother and Beyond, pada Sabtu (25/5/2024), berikut sayuran yang baik untuk MPASI:

1. Bayam
Sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi penting guna mendukung tumbuh kembang bayi. Bayam mengandung vitamin A, K, dan mineral seperti zat besi, kalsium, zinc, serat, folat, dan magnesium.

Seperti diketahui, zat besi berperan dalam perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah, sedangkan zinc berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Cara membuat bayam untuk MPASI pun cukup mudah. Setelah dicuci bersih, kukus hingga lunak, dan haluskan.

2. Wortel
Sudah bukan rahasia lagi jika wortel penting untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A yang bagus untuk membangun fungsi penglihatan. Khusus pada bayi, kandungan beta karoten dan vitamin A berperan dalam membantu pertumbuhan retina mata dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Wortel juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Untuk pemberian MPASI, wortel bisa Anda kukus atau rebus hingga matang, lalu dihaluskan atau dicampur dengan makanan lain. Seiring bertambahnya usia Si Kecil dan ia sudah mampu menggenggam dengan kuat, Anda bisa memberikan wortel yang sudah dikukus atau direbus dan dipotong kecil-kecil sebagai finger food.


3. Brokoli
Brokoli mengandung antioksidan dan nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi Anda. Brokoli punya banyak manfaat, misalnya untuk meningkatkan imunitas dan mencegah anemia.

Anda bisa mulai memperkenalkan brokoli sebagai menu MPASI Si Kecil saat ia sudah berusia lebih dari 10 bulan. Cara mengolahnya, rebus brokoli hingga benar-benar empuk lalu haluskan dan jadikan menu MPASI.

4. Tomat
Warna merah dalam tomat merupakan gambaran betapa banyaknya jumlah antioksidan dalam buah. Bukan sekadar antioksidan biasa yang ada di dalamnya, tapi likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat. Bila Si Kecil terbiasa makan ini, tak hanya kebutuhan mineral dan vitaminnya terlengkap, tapi tubuhnya jadi tak mudah terserang kanker dan penyakit terkait jantung.

Untuk mengolah tomat menjadi menu MPASI, pastikan Anda memasak dengan cara mengukus tomat sebelum mencampurkannya ke dalam MPASI sehingga kandungan asamnya berkurang dan lebih aman untuk perut bayi.


5. Labu Kuning
Selain bisa mengenyangkan karena kaya kalori tapi rendah lemak, labu kuning mengandung serat menyehatkan untuk tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, E, zat besi, magnesium, kalium, folat, dan zinc berperan besar untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Untuk mengolahnya, Anda perlu mencuci labu kuning hingga bersih, kupas kulitnya, lalu potong-potong kecil-kecil daging buahnya, lalu rebus atau kukus hingga empuk.

Demikian beberapa sayuran yang baik dikonsumsi dan mempunyai banyak manfaat untuk MPASI.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *