Sayuran Terbaik untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Sayuran untuk turunkan kolesterol.(Foto: rey)

Sukoharjonews.com – Kolesterol adalah zat mirip lemak yang ditemukan di tubuh kita. Teksturnya seperti lilin, dan penting untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan mencerna makanan berlemak. Tubuh Anda membuat kolesterol darah, namun Anda dapat menemukan kolesterol makanan dalam makanan laut, ayam, telur, dan produk susu. Jika kolesterol total Anda lebih dari 200 miligram per desiliter (mg/dL), itu dianggap tinggi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Mengonsumsi lebih dari tiga porsi sayur dan buah dalam sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total, sesuai analisis tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nutrition Review. Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (16/6/2024), berikut sayuran terbaik yabg dipercaya dapat bantu turunkan kolesterol tinggi:

1. Kangkung
Kangkung mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.
Sebuah studi tahun 2016, yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension and Cardiology , melibatkan orang-orang dengan sindrom metabolik. Ditemukan bahwa mengonsumsi 14 gram bubuk kangkung setiap hari selama delapan minggu menurunkan kadar kolesterol jahat peserta. Gunakan dalam salad, sup, atau buat keripik kangkung yang sehat.

2. Wortel
Wortel kaya akan serat larut, terutama pektin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Makanlah mentah sebagai camilan, tambahkan ke salad, atau masak dalam sup dan semur agar tetap sehat.

3. Bayam
Bayam kaya akan lutein dan karotenoid lainnya, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa menambahkannya ke salad, smoothie, atau bahkan menumis sebagai lauk.

4. Brokoli
Brokoli mengandung serat larut dan kaya akan antioksidan, membantu penurunan kolesterol, kata sang ahli. Kukus, panggang, atau tambahkan sayuran silangan ini ke dalam tumisan.

5. Kubis
Sayuran yang sangat berserat, kubis juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Anda bisa menggunakannya untuk membuat hidangan sayuran kering atau memasukkannya ke dalam salad Anda.

6. Ubi jalar
Ubi jalar kaya akan serat dan antioksidan, yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol, kata Mehra. Panggang, panggang, atau haluskan. Anda juga bisa menggunakan ubi sebagai bahan dasar semur dan sup.

7. Labu pait
Pare atau karela dapat memurnikan darah dan membantu meningkatkan fungsi jantung, kata sang ahli. Anda bisa mengukusnya, menumisnya, atau menggunakannya untuk membuat kari atau jus pare .

Sayuran ini merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut, dan antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Umumnya mengonsumsi sayuran ini tidak menimbulkan efek samping yang serius. Namun, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan, seperti gas atau kembung, terutama jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar