Sayuran Berdaun Hijau dengan Sejuta Manfaat

Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan.(Foto: honest docs)

Sukoharjonews.com – Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Menambahkan beragam sayuran ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko beberapa penyakit.


Dilansir dari Alodokter, Jum’at (31/5/2024), Mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran berdaun hijau dapat memberikan banyak manfaat kesehatan,seperti mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penurunan mental.

Berikut adalah sayuran berdaun hijau paling sehat untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

1. Kangkung
Kangkung mengandung banyak nutrisi, termasuk asam amino, kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran hijau ini juga kaya akan antioksidan.

Berkat kandungan gizi dan antioksidannya yang melimpah, kangkung dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan mata, memperkuat tulang dan sendi, mengontrol tekanan darah, memperkuat imunitas tubuh, serta mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Karena berbagai manfaatnya tersebut, kangkung termasuk dalam daftar sayuran hijau yang harus dikonsumsi agar tubuh senantiasa sehat.


2. Bayam
Daftar sayuran hijau yang harus dikonsumsi berikutnya adalah bayam. Ini karena bayam kaya akan serat, antioksidan, folat, kalium, vitamin A, vitamin C, serta vitamin K.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi bayam adalah menjaga berat badan agar tetap ideal, mencegah osteoporosis, mengontrol tekanan darah, mencegah anemia, dan mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Sawi
Meski memiliki bentuk yang mirip dengan kale, kandungan nutrisi dari sawi ternyata tidak sama dengan kale. Sawi mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc.

Manfaat sayuran hijau yang harus dikonsumsi ini pun cukup banyak, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan jantung, mata, saluran cerna, dan tulang.


4. Daun kemangi
Kemangi mengandung antioksidan eugenol, limonene, antosianin, dan beta karoten. Kandungan antioksidan yang berlimpah ini menjadikan kemangi bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, termasuk radang sendi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Hal tersebut tentunya membuat kemangi masuk dalam daftar sayuran hijau yang harus dikonsumsi.

5. Seledri
Seledri merupakan jenis sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat. Karena kandungan tersebut, mengonsumsi seledri dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Manfaat ini baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaganya agar tetap ideal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *