Sayuran Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah, Simak Berikut ini

Sayuran yang boleh dimakan mentah.(Foto:Grid kids)

Sukoharjonews.com – Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin-vitamin yang terkandung dalam sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, tidak sedikit orang enggan memakan sayuran, padahal khasiatnya sangatlah baik untuk tubuh dan bahkan sangat dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari Astronauts, Rabu (24/7/2024),sayuran biasanya disantap dengan cara dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan. Hal tersebut dilakukan orang-orang agar sayuran yang mereka makan memiliki rasa lezat, sehingga selain sehat juga enak untuk dikonsumsi. Namun sayuran apa saja yang bisa dimakan mentah, dan dimasak akan tetap mengandung vitamin?

Beberapa sayuran di bawah ini bisa dikonsumsi tanpa dimasak, atau mentah, bahkan lebih baik dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Kamu harus coba sampai terbiasa, supaya kamu mendapatkan khasiatnya. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa dimakan mentah, dikutip dari halodoc.com.

1. Brokoli
Bagi kamu yang membutuhkan jenis sayuran dengan nutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh, maka brokoli adalah sayuran yang dapat memberikan semua itu. Brokoli mengandung vitamin C, kalsium dan potasium terbanyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

Selain kandungan vitamin C, Kalsium dan Potasium yang tinggi, brokoli juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker, yaitu senyawa sulforaphane. Senyawa itu akan hilang apabila dimasak terlalu panas dan terlalu lama, maka sebaiknya brokoli dimakan mentah-mentah.

2. Paprika
Sayuran selanjutnya yang bisa kamu makan mentah-mentah adalah paprika, sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C, kandungan vitamin C itu kemudian akan hilang apabila dimasak dengan suhu di atas 190 derajat Celcius, sehingga kamu lebih baik memakannya mentah-mentah.

Selain vitamin C, Paprika juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E, keduanya itu sangatlah penting untuk tubuh seseorang, namun sama seperti vitamin C, kedua vitamin lainnya itu akan hilang dari paprika apabila dimasak terlalu lama dengan suhu yang sangat panas.

3. Sayur kol
Sayur kol merupakan jenis sayur yang bisa dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Sebenarnya sayuran itu biasa dimakan mentah oleh sebagian masyarakat Indonesia, biasanya sayuran yang satu ini dikonsumsi bersamaan dengan makanan berat, atau dijadikan sebagai lalap.

Sayur kol juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting dari sayuran lainnya, mengonsumsi empat porsi sayur kol setiap hari dapat membantu seorang wanita mengurangi resiko terkena kanker payudara, namun khasiat itu akan hilang apabila dimasak terlalu lama, maka sebaiknya sayur kol dimakan mentah-mentah.

4. Bayam
Jenis sayur selanjutnya yang bisa dimakan mentah-mentah adalah sayur bayam. Jenis sayuran yang satu ini tentu saja dikenal banyak orang di Indonesia, bayam merupakan sayur yang dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan sangat menarik untuk dijadikan menu masakan.

Namun ternyata nutrisi penting dari bayam, yaitu vitamin C, float, niasin, riboflavin, dan potasium akan berkurang bahkan hilang apabila dimasak dengan cara yang berlebihan, dalam waktu yang terlalu lama dan suhu panas yang tinggi, sehingga bayam sebaiknya dimakan mentah-mentah untuk menjaga nutrisinya.

5. Mentimun
Sebenarnya sudah biasa bagi masyarakat Indonesia mengonsumsi mentimun mentah, bahkan mentimun dapat dijadikan cemilan sehat atau juga pendamping makanan, biasanya mentimun hanya dicuci dan langsung dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar