Sayur dan Buah yang Dipercaya Dapat Menghilangkan Haus dan Lapar

Sayur dan buah yang dapat menghilangkan haus dan lapar. (Foto: adobestock)

Sukoharjonews.com – Saat cuaca panas, kita harus tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Karena jika kita mengalami dehidrasi, tubuh kita akan menjadi lemas, letih dan lesu.

Namun, ada beberapa sayur dan buah yang dipsrcaya dapat membantu meredakan rasa dahaga dan lapar Anda. Apa saja buah dan sayuran tersebut? Mari simak penjelasannya berikut yang dilansir dari Cleveland Clinic, pada Selasa (28/3/2023):

1. Seledri
Sayuran berserat ini akan memuaskan keinginan Anda akan crunch. Itu juga diikat dengan mentimun dan selada gunung es dengan berat 95% air. Anda bisa merasa enak makan seledri karena jumlah kalorinya yang rendah dan nilai vitamin K, folat , dan potasium yang tinggi. Terlebih lagi, Zumpano mengatakan jus seledri dikemas dengan banyak vitamin dan mineral.

2. Zukini
Perhatikan zucchini segar dalam musim musim panas ini. Seperti kerabatnya di keluarga mentimun dan melon, labu musim panas yang populer ini memiliki kandungan air yang tinggi — hampir 95%. Lebih baik lagi, zucchini mengemas antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Dua yang terakhir sangat penting untuk kesehatan mata.

3. Stroberi
Mereka cukup manis sehingga Anda bisa memakannya untuk pencuci mulut. Namun manfaat stroberi melampaui rasa dan kandungan air 91%. Mereka menyediakan sumber flavonoid yang kaya, senyawa yang terkait dengan peningkatan fungsi kognitif. Misalnya, satu penelitian mengaitkan makan lebih banyak buah beri dengan penundaan penuaan kognitif hingga 2,5 tahun.

4. Kembang kol
Terkejut? Nah, kembang kol sebenarnya 92% air menurut beratnya. Ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan kebutuhan penting lainnya. Kembang kol dan sayuran silangan lainnya mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko kanker. Cobalah tumbuk sebagai pengganti kentang tumbuk.

5. Semangka
Tidak mengherankan, semangka mengandung banyak “air” ada di dagingnya. Daging buah semangka mengandung 91% air. Camilan musim panas ini juga mengandung lycopene yang melimpah, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki warna kulit Anda.

6. Mentimun
Melembabkan dan mengisi kembali kulit Anda dengan mentimun segar. Selain mengandung 95% air, mentimun kaya akan senyawa antiradang yang membantu mengeluarkan limbah dari tubuh dan mengurangi iritasi kulit. Penelitian pendahuluan juga menunjukkan mentimun mempromosikan aktivitas anti-keriput dan anti-penuaan. Anda dapat menemukannya di pasar petani setempat atau toko kelontong setempat. Tip: Bekukan irisan mentimun dan letakkan di kulit di bawah mata Anda selama 10-15 menit untuk meredakan kemerahan dan bengkak. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar