Sarana dan Prasarana Sudah Siap, Empat Sekolah Siap Gelar Ujicoba PTM

Ujicoba Pendidikan Tatap Muka (PTM). Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ujicoba Pendidikan Tatap Muka (PTM) akan dimulai 5 April mendatang. Enpat sekolah yang ditunjuk untuk melakukan ujicoba mempersiapkan sarana dan prasaran agar ujicoba bisa dilakukan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus memantau persiapan sekolah yang akan menggelar ujicoba PTM.



“Untuk SNP yang menjadi kewenangan kami, yakni SMPN 1 Sukoharjo sudah siap menggelar ujicoba PTM karena sarana dan prasarana sudah siap,” terang Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno, Rabu (31/3/2021).

Dikatakan Darno, dari pantauan di SMPN 1 Sukoharjo, secara umum sarana dan prasarana untuk PTM sudah siap. Bahkan, semua guru sudah dilakukan vaksinasi. Menurutnya, teknis PTM dalam masa pandemi ini tidak seperti PTM saat waktu normal. Hal itu dikarenakan PTM hanya dilakukan selama tiga jam saja dengan tiga mata pelajaran.

“Jarak antar siswa juga telah diatur sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kerumunan. Dimana jarak antar siswa itu dibuat 1,5 meter. Dalam satu kelas masuk sekolahnya juga bergantian. Satu kelas hanya ada 16 siswa yang masuk. Musala dan kantin tidak buka,” paparnya.

Disinggung soal pengawasan siswa, Darno mengaku setiap siswa sebenarnya wajib diantar jemput oleh orang tuanya. Hal itu untuk memastikan bahwa siswa langsung sampai di rumah, tidak berhenti di tempat lain. Namun demikian, hal itu sulit untuk dilakukan karena keterbatasan petugas yang melakukan pengawasan. Karena itu, pihaknya menyiasati dengan mengaktifkan grup whatsapp masing-masing kelas.

“Ada grup whatsapp tiap kelas yang berisi wali murid dan guru. Grup WA ini yang akan dimaksimalkan untuk memantau anak didik. Orang tua juga diberitahu mengenai jadwal pelajaran serta giliran siswa yang masuk,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed