Samsung Meluncurkan Trio Sensor Kamera Baru untuk Smartphone dengan Sensor Telefoto 200MP Pertama di Dunia

Sensor Kamera Samsung ISOCELL HP9, ISOCELL GNJ, dan ISOCELL JN5. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Samsung Electronics telah meluncurkan tiga sensor gambar seluler baru: ISOCELL HP9, ISOCELL GNJ, dan ISOCELL JN5. Sensor-sensor ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja kamera ponsel pintar baik untuk kamera utama maupun sub-kamera.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (2/6/2024), ISOCELL HP9 adalah sensor telefoto 200MP pertama untuk smartphone. Ini menampilkan 200 juta piksel 0,56 mikrometer (μm) dalam format optik 1/1,4 inci. Lensa mikro dengan bias tinggi meningkatkan penangkapan cahaya, meningkatkan akurasi dan fokus warna. HP9 menawarkan sensitivitas cahaya 12% lebih baik dan fokus otomatis 10% lebih baik.

Dalam kondisi minim cahaya, teknologi Tetra²pixel menggabungkan 16 piksel menjadi sensor besar 12MP, menghasilkan potret dan efek bokeh yang lebih tajam. Sensornya mendukung zoom hingga 12x dengan kualitas gambar jernih melalui algoritma remosaic.

ISOCELL GNJ memiliki 50 juta piksel 1,0μm dalam format 1/1,57 inci. Ini menggunakan teknologi piksel ganda untuk fokus otomatis yang cepat dan akurat. Isolasi piksel yang ditingkatkan dan lapisan anti-bias transmisi tinggi meningkatkan sensitivitas cahaya dan mengurangi pantulan.

GNJ hemat daya, dengan peningkatan 29% dalam mode pratinjau dan peningkatan 34% dalam mode video 4K 60fps. Ini mencakup zoom dalam sensor untuk video yang lebih jernih dan foto resolusi tinggi tanpa artefak.

ISOCELL JN5 memiliki fitur 50 juta piksel 0,64μm dalam format 1/2,76 inci. Teknologi Dual Vertical Transfer Gate (Dual VTG) mengurangi noise dalam cahaya redup, menghasilkan gambar yang lebih jernih. Deteksi Fase Super Quad (Super QPD) memastikan fokus otomatis yang presisi, bahkan untuk subjek yang bergerak cepat.

JN5 menggunakan teknologi dual Slope Gain (DSG) untuk meningkatkan HDR dan memperluas rentang warna. Desainnya yang serbaguna cocok untuk kamera sudut lebar, sudut ultra lebar, depan, dan telefoto, memastikan kualitas gambar yang konsisten dari semua sudut.

Saat ini, Samsung belum memberikan rincian kapan sensor tersebut akan tersedia di smartphone. Konon, Vivo X100 Ultra eksklusif China ini sudah menggunakan sensor ISOCELL HP9 200 MP untuk kamera telefotonya. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar