Rutin Konsumsi 7 Makanan dan Minuman ini Dapat Cegah Dehidrasi Ketika Puasa

Rutin konsumsi 7 makanan dan minuman ini dapat cegah dehidrasi ketika puasa. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Konsumsi makanan dan minuman selama bulan Ramadan merupakan kebutuhan mutlak bagi umat Islam yang berpuasa di siang hari. Untuk menjaga tingkat energi dan mencegah dehidrasi sepanjang hari, sangat penting untuk makan makanan yang bergizi dan seimbang serta makanan dengan konsistensi air tinggi.


Dilansir dari Times of India dan I Am HerbaLife Nutrition, Kamis (6/4/2023), banyak sekali makanan yang mengandung kadar air tinggi, seperti buah dan sayur yang juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan berenergi sepanjang hari. Hal tersebut juga dapat membantu mempertahankan tingkat energi yang optimal untuk beraktivitas selama berpuasa.

Coba lihat daftar makanan dan minuman dengan kadar air tinggi berikut yang dapat membantu mencegah dehidrasi ketika berpuasa.

1. Jus Buah Segar
Untuk merehidrasi tubuh setelah seharian berpuasa, dianjurkan untuk minum air putih diikuti jus buah segar. Kemudian, jeda 10 atau 15 menit untuk makan berat. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi elektrolit, seperti pisang dan air kelapa, juga dapat membantu rehidrasi.

2. Air Kelapa
Air kelapa memiliki kandungan air hingga 94 persen. Di dalamnya juga merupakan sumber potasium, magnesium, dan kalsium yang baik, menjadikannya pilihan sederhana untuk hidrasi dan pemulihan pasca puasa.


3.Blackberry
Selain memiliki kandungan air 88 persen, blackberry juga menjadi sumber serat dan vitamin C, K. Buah kelompok beri ini bisa dijadikan cemilan sehat setelah berbuka puasa atau saat sahur.

4. Susu
Konsumsi susu selama berpuasa dianggap sebagai sumber nutrisi dan pilihan hidrasi yang baik sebagai pengganti air putih. Kandungan kalsiumnya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh dan menjadi alternatif rehidrasi.

5. Semangka
Tidak diragukan lagi kandungan air yang melimpah dari buah ini menjadi pilihan paling popular sebagai pencegahan dehidrasi pasca puasa. 92 persen kandungan air yang tidak hanya baik untuk menghilangkan dahaga, tetapi juga rendah kalori yang dapat mempertahankan berat badan.


6. Timun
Timun terdiri dari 95 persen air menjadikannya sumber makanan yang sangat baik untuk puasa. Selain kandungan airnya yang tinggi, timun juga rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya pilihan tepat untuk menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Buah berwarna hijau ini juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin K, potasium, dan magnesium.

7. Yoghurt
Mengandung protein dan kalsium, yoghurt juga memiliki kadar 88 persen air menjadikannya baik dikonsumsi saat berpuasa. Yoghurt pun merupakan sumber probiotik yang baik berfungsi membantu memperbaiki pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu, yoghurt bisa menjadi pilihan cemilan yang enak, sehat dan mengenyangkan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *