Royal Enfield Guerrilla 450 Scrambler Resmi Diluncurkan, Cek Spesifikasi dan Harganya

Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Setelah beberapa lama bocor secara online, pabrikan sepeda motor asal India Royal Enfield akhirnya resmi meluncurkan produk barunya yaitu Guerrilla 450. Cukup menarik, apalagi pembangkit tenaga barunya, yang meski sudah terdapat di Himalayan 450, namun desain dan perlengkapannya sudah lengkap dan berbeda.


Dikutip dari Greatbiker, Minggu (21/7/2024), untuk Guerrilla 450 mungkin bisa dilihat sebagai model paralel dengan Himalayan 450 karena keduanya menggunakan pembangkit listrik yang sama. Bermesin satu silinder 452 cc, bertenaga 40 tenaga kuda (PS) dan torsi 40 Nm. Namun di balik persamaannya terdapat perbedaan. Pihak pengembang mengatakan penyetelan mesinnya berbeda. Tenaga yang dimiliki Guerilla 450 akan fokus untuk menciptakan torsi mid-range terbaik di kelasnya.

Rasio roda gigi akan 90% serupa, kecuali untuk gigi ke-6, yang memiliki rasio lebih tinggi, sehingga memungkinkan putaran lebih dalam. Termasuk penambahan sistem Assist dan Slipper Clutch yang membantu motor mengurangi perpindahan gigi di roda belakang serta memiliki tuas kopling yang lebih ringan dan halus.


Hal lain yang membuat kedua model ini sangat berbeda adalah pola penggunaannya. Pada dasarnya Himalayan 450 merupakan sepeda petualangan yang memiliki kemampuan berkendara off-road dengan ukuran roda berbeda dan pelek berjari-jari yang mendistribusikan bobot benturan dengan lebih baik.

Namun, Guerrilla 450 fokus pada penggunaan jalan mulus namun memiliki kemampuan digunakan di jalan tanah yang tidak terlalu kasar dengan velg berukuran 17 inci pada keduanya. Dan ground clearance dari bagian bawah motor mungkin tidak setinggi Himalayan 450, membuat berkendara Off-Road menjadi cukup sulit.

Hal menarik lainnya adalah dimensi Guerilla 450 yang cocok untuk pengendara yang tidak terlalu tinggi. Dengan tinggi total hanya 1.125 milimeter dan tinggi jok 780 milimeter, ramah bagi pengendara segala tipe tubuh. Namun jika masih ragu, ada juga model dengan tinggi jok 760 milimeter. Mobil tersebut juga memiliki model tinggi jok yang dapat diatur hingga 800 milimeter untuk pengendara bertubuh tinggi.

Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)


Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
Mesin Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)

Dalam hal bobot, Guerilla 450 hanya berbobot 185 kg, dan data menunjukkan bahwa bobot ini mencakup 90% volume cairan, termasuk bahan bakar dan sistem pendingin, menjadikannya 11 kg lebih ringan dibandingkan Himalayan 450, dengan cairan yang sama. volume.


Dari segi kelengkapan, Guerilla 450 hadir dengan sistem lampu depan LED berbentuk bulat seperti model Himalaya dan di bagian belakang terdapat lampu sein LED. Panel instrumen TFT berukuran 4 inci mendukung konektivitas ponsel cerdas melalui aplikasi khusus Royal Enfield dan mendukung navigasi Turn-by-Turn yang dapat ditampilkan di layar, bersama dengan opsi tampilan layar analog + LCD tradisional dengan layar navigasi yang unik.

Sepeda akan dipasang pada struktur Rangka Tubular Baja yang hampir sama dengan Himalayan 450, dengan desain yang diperkecil agar lebih sesuai dengan penggunaannya dan membantu menjadikan sepeda lebih ringan. Subframe belakang akan memiliki desain yang benar-benar baru, begitu pula tangki bahan bakar 11 liter yang baru.

Pengembangnya mengklaim bahwa sepeda motor ini akan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar maksimum sebesar 29,5 kilometer per liter, dengan satu tangki bahan bakar memungkinkan sepeda motor ini mampu berlari hingga 300 kilometer++.


Sistem suspensinya hadir dengan sistem suspensi depan inverted 43 mm dengan travel 140 mm, sedangkan bagian belakang menggunakan Mono-Shock dengan travel 150 mm yang dapat diatur untuk Pre-Load. Sistem remnya menggunakan rem cakram depan 310 mm dengan kaliper ByBre piston ganda, sedangkan bagian belakang menggunakan cakram tunggal 270 mm dengan kaliper piston tunggal, serta sistem ABS Dual-Channel. Velgnya berukuran 17 inci di kedua sisinya.

Sedangkan untuk penjualannya, seperti disebutkan sebelumnya, motor ini akan memiliki 3 pilihan tergantung ketinggian jok. Model standar akan dibanderol dengan harga 239.000 Rupee atau sekitar Rp46,2 jutaan. Sedangkan model low seat akan dibanderol dengan harga 249.000 Rupee atau sekitar Rp48,2 jutaan, dan model high seat akan dibanderol dengan harga 254.000 Rupee atau sekitar Rp49,1 jutaan.

Namun, sebelum membayangkan terlalu jauh, jika diimpor untuk dijual di Indonesia, mekanisme harganya akan sedikit disesuaikan, namun diperkirakan akan dibanderol dengan harga lebih rendah dari Himalayan 450. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *