Royal Enfield Guerrilla 450 Baru Resmi Diluncurkan, Cek Spesifikasi dan Harganya

New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonew.com – Baru-baru ini Royal Enfield, pabrikan sepeda motor Inggris asal India, resmi meluncurkan produk barunya yaitu Guerrilla 450 yang cukup menarik perhatian, terutama pada dapur pacunya yang baru. Meski sebelumnya telah ditemukan pada Himalayan 450, desain dan perlengkapannya sama sekali berbeda.


Dikutip dari Freatbiker, Selasa (3/9/2024), untuk Guerrilla 450, beberapa orang mungkin melihatnya sebagai model paralel dengan Himalayan 450 karena keduanya menggunakan pembangkit listrik yang sama. Bermesin satu silinder 452 cc, bertenaga 40 tenaga kuda (PS) dan torsi 40 Nm. Namun di balik persamaannya terdapat perbedaan. Pihak pengembang mengatakan bahwa tuning mesinnya berbeda.

Tenaga yang dimiliki Guerilla 450 fokus untuk menciptakan torsi mid-range terbaik di kelasnya. Rasio roda gigi 90% serupa, kecuali gigi 6, yang memiliki rasio lebih tinggi sehingga memungkinkan putaran lebih dalam. Ia juga menambahkan sistem Assist dan Slipper Clutch yang memungkinkan sepeda mengurangi perpindahan gigi di roda belakang dan memiliki tuas kopling yang lebih ringan dan halus.


Dan hal lain yang membuat kedua model ini sangat berbeda adalah pola penggunaannya. Pada dasarnya Himalayan 450 merupakan sepeda petualangan yang memiliki kemampuan berkendara Off-Road dengan ukuran roda berbeda dan pelek berjari-jari yang mendistribusikan bobot benturan dengan lebih baik. Namun Guerrilla 450 fokus pada penggunaan jalan mulus namun memiliki kemampuan digunakan di jalan tanah yang tidak terlalu kasar dengan velg berukuran 17 inci pada keduanya. Dan jarak dari tanah ke bawah motor mungkin tidak setinggi Himalayan 450, membuat berkendara Off-Road menjadi cukup sulit.

Hal menarik lainnya adalah dimensi Guerilla 450 yang cocok untuk pengendara yang tidak terlalu tinggi. Dengan tinggi total hanya 1.125 milimeter dan tinggi jok 780 milimeter, ramah bagi pengendara segala tipe tubuh. Namun jika masih ragu, ada juga model dengan tinggi jok 760 milimeter. Motor tersebut juga memiliki model tinggi jok yang dapat diatur hingga 800 milimeter untuk pengendara bertubuh tinggi.

New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)


New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)


New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)
New Royal Enfield Guerrilla 450. (Foto: Greatbiker)

Guerilla 450 berbobot hanya 185 kg, dengan data menunjukkan bahwa bobot ini mencakup 90% cairan, bahan bakar, dan sistem pendingin, menjadikannya 11 kg lebih ringan dibandingkan Himalayan 450 untuk jumlah cairan yang sama.

Sedangkan untuk kelengkapan pada Guerrilla 450 hadir dengan sistem lampu depan LED berbentuk bulat seperti model Himalaya dan di bagian belakang terdapat lampu sein LED. Panel instrumen TFT berukuran 4 inci mendukung konektivitas smartphone khususnya melalui aplikasi Royal Enfield dan mendukung navigasi Turn-by-Turn yang dapat ditampilkan di layar bersama dengan pilihan tampilan layar analog + LCD tradisional dengan layar sistem navigasi yang unik.


Kendaraan akan dipasang pada struktur Rangka Baja Tubular yang hampir sama dengan Himalayan 450, dengan desain yang diperkecil agar lebih sesuai dengan penggunaannya dan membantu menjadikan kendaraan lebih ringan. Subframe belakang akan memiliki desain yang benar-benar baru, begitu pula tangki bahan bakar 11 liter yang baru.

Pengembang mengklaim bahwa kendaraan tersebut akan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar maksimum 29,5 kilometer per liter, dengan satu tangki bahan bakar memungkinkan kendaraan melaju hingga 300 kilometer++.

Dari segi sistem suspensi, motor ini hadir dengan sistem suspensi depan inverted 43 mm dengan stroke 140 mm, sedangkan bagian belakang menggunakan Mono-Shock dengan stroke 150 mm yang dapat diatur Pre-Loadnya. Sistem remnya menggunakan rem cakram depan 310 mm dengan kaliper ByBre piston ganda, sedangkan bagian belakang menggunakan cakram tunggal 270 mm dengan kaliper piston tunggal, serta sistem ABS Dual-Channel. Velgnya berukuran 17 inci di kedua sisinya.


Sedangkan untuk penjualannya, sepeda motor ini akan memiliki 3 pilihan berdasarkan ketinggian jok. Model standar akan dibanderol dengan harga 239.000 rupee atau hanya Rp44,3 jutaan. Sedangkan model low seat akan dibanderol dengan harga 249.000 rupee atau sekitar Rp46,2jutaan, dan model high seat akan dibanderol dengan harga 254.000 rupee atau sekitar Rp47,1jutaan.

Namun sebelum membayangkan terlalu jauh, jika diimpor untuk dijual di negara ASEAN seperti Indonesia, mekanisme harganya akan sedikit disesuaikan, namun diperkirakan akan dibanderol dengan harga lebih rendah dari Himalayan 450. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *