Ribuan Pelari Ramaikan Mangkunegaran Run in Solo Dalam Rangka Adeging Pura Mangkunegaran ke-266

Ribuan pelari ramaikan Mangkunegaran Run in Solo dalam rangka Adeging Pura Mangkunegaran ke-266

Sukoharjonews.com – KGPAA Mangkoenagoro X mengikuti Mangkunegaran Run In Solo 2023 melintasi depan Monumen Pers di Solo, Jawa Tengah, Minggu (12/3/2023). Mangkunegaran Run In Solo 2023 yang diikuti ribuan pelari.

Kegiatan ini disambut antusias masyarakat luas. Sekitar 2.500 pelari ikut ambil bagian dalam serangkaian peringatan Hari Jadi ke-266 berdirinya Pura Mangkunegaran itu.

Para pelari tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni 21 K (half marathon), 10 K, dan 5 K.

“Harapannya kegiatan hari ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir, tapi justru menjadi awal yang panjang. Perjalanan yang panjang untuk lebih memperkenalkan kebudayaan Mangkunegaran pada masyarakat lebih luas lagi,” ujar Sri Paduka Mangkoenagoro X.

Tidak hanya lomba lari saja, festival kuliner dan festival musik juga menjadi serangkaian kegiatan dalam Adeging Pura Mangkunegaran. Makanan dan minuman yang dijajakan dalam festival kuliner berasal dari Solo dan berbagai kabupaten di Jawa Tengah.

“Di sisi lain, Mangkunegaran Run in Solo juga memiliki tujuan untuk mempromosikan budaya Jawa agar tetap dilestarikan oleh masyarakat lokal dan agar dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia.” tambah Sri Paduka Mangkoenagoro X.

Sri Paduka Mangkoenagoro X mengaku gembira karena keseruan acara kali ini sangat luar biasa. Dirinya menambagkan jika olahraga lari dan kebudayaan Jawa ternyata dipadukan di gelaran Mangkunegaran Run ini.

Selain prajurit Kraton, tampilan budaya Jawa juga tampak dengan diiringi gamelan karawitan saat peserta lomba lari berangkat dan tiba di finish. Para peserta lantas berlari melintasi sepanjang jalan Slamet Riyadi Solo yang sudah disiapkan menjadi layaknya lintasan lari.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar