Resmi Terungkap Informasi Baru Mengenai BMW R 1300 GS Adventure

BMW R 1300 GS Adventure. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Setelah diluncurkan dan mampu membuat gebrakan di seluruh dunia dengan BMW R 1300 GS, kini saatnya varian produk lainnya yaitu R 1300 GS Adventure yang baru-baru ini mendapat informasi resmi. Muncul ke dunia online untuk kita ketahui seluruhnya.


Dikutip dari Greatbiker, Kamis (13/6/2024), melalui informasi tersebut, hal tersebut diungkapkan oleh otoritas terkait terkait persetujuan produk untuk dijual di Swedia. Dokumen tersebut dengan jelas mengungkapkan bahwa BMW R 1300 GS Adventure telah resmi disetujui untuk dijual di Swedia secara legal. Beberapa informasi mengenai motor tersebut juga telah terungkap. yang menunjukkan perbedaan dari versi standar yang diluncurkan sebelumnya.

Informasi baru pertama yang hadir pada BMW R 1300 GS Adventure adalah motor tersebut akan dibekali ASA atau Automated Shift Assist, yaitu sistem transmisi otomatis yang dikembangkan oleh perusahaan asal Jerman.

Pada prinsipnya sistem transmisi ini fungsinya mirip dengan transmisi DCT milik Honda, yaitu dengan kemampuan perpindahan 3 gigi yang dapat diubah secara manual menggunakan gigi standar. Ini mengontrol pengaturan waktu persneling dengan dayung yang dipasang di stang kiri.

BMW R 1300 GS Adventure. (Foto: Greatbiker)

Bentuk lainnya adalah dengan mengganti gigi secara semi otomatis. Anda dapat mengatur timing perpindahan gigi sesuai dengan putaran mesin yang ditentukan. sedangkan bentuk akhirnya adalah perpindahan gigi otomatis. Hal ini membuatnya mirip dengan perlengkapan yang dipasang pada skuter membuat mengemudi lebih mudah dari sebelumnya.

Potongan informasi berikutnya disediakan dalam dokumen. Ini tentang kecepatan maksimum mobil. Informasi mengungkap, BMW R 1300 GS Adventure akan memiliki kemampuan mencapai kecepatan tertinggi 137 mph atau sekira 220 kilometer per jam. Dibandingkan R 1250 GS Adventure sebelumnya, kecepatannya berkurang sekitar 3 mph atau sekitar 4,8 kilometer per jam. Yaitu soal kecepatan maksimum yang dikurangi kemungkinan besar disebabkan oleh bobot motor yang lebih besar dari model sebelumnya.


Jika kita berbicara tentang berat, mari kita lihat lebih jauh masalah ini. Terungkap bahwa R 1300 GS Adventure akan berbobot 258 kilogram termasuk cairan, yang kira-kira 20,8 kilogram lebih berat dari model standar. Sebagian dari massa tambahan akan digunakan untuk mengubah ukuran tangki bahan bakar. Ini dinilai menjadi fitur paling menonjol dari seri GS Adventure, meski kapasitas tangki bahan bakarnya belum diungkap secara resmi.

Namun, dibandingkan R 1250 GS Adventure sebelumnya yang memiliki tangki bahan bakar 30 liter, lebih besar sekitar 10 liter dari model standar, maka bisa diasumsikan R 1300 GS Adventure kemungkinan akan hadir dengan tangki bahan bakar yang lebih besar. Ukurannya pasti tidak kurang dari 30 liter.

Namun BMW R 1300 GS Adventure diperkirakan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Sebagian besar media mungkin mengira motor tersebut kemungkinan akan diluncurkan pada EICMA 2024 yang akan berlangsung pada awal November. Namun, kemungkinan besar pabrikan akan memilih Intermot 2024 yang merupakan ajang besar roda dua. Diselenggarakan di negara asal perusahaan untuk peluncurannya juga dimungkinkan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *