Rempah-rempah Khas India yang Sering Kita Temui dimasakan

Bumbu khas india.(Foto:Grid kids)

Sukoharjonews.com – Masakan India terkenal dengan aroma dan rasanya yang kuat. Itu karena mereka dibumbui oleh bumbu dan rempah yang harum dan aromatik, sehingga masakan India juga menawarkan rasa yang kuat. Ketika berbicara mengenai bumbu khas India, terdapat begitu banyak variasi bumbu khas mereka.


Dilansir dari Cairofood, Jum’at, (5/7/2024), beberapa bumbu khas India sebenarnya juga merupakan bumbu yang juga ditemukan di dapur Anda. Simak bumbu khas India di bawah ini.

Kunyit
Kunyit adalah bumbu khas India yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, dan menyebar ke beberapa negara termasuk Afrika, Australia, India, dan Malaysia. Kunyit tergolong dalam keluarga Zingiberacea (jahe-jahean), yang digunakan pada sejumlah masakan Asia. Bumbu ini memiliki warna kuning cerah yang mencolok, dan memiliki aroma yang kuat daripada rasanya.

Bubuk Kari
Bubuk kari adalah campuran bumbu yang berasal dari Inggris, yang secara luas digunakan untuk memperkuat cita rasa masakan dengan sentuhan India. Meski terdapat istilah “kari” di dalamnya, tetapi istilah tersebut bukan mendefinisikan bagaimana bubuk kari digunakan. Karena pada dasarnya ini adalah bubuk serbaguna, bubuk kari dapat membumbui banyak masakan termasuk sup, semur, saus, sayuran, marinasi daging, hingga sebagai marinasi daging.


Jintan
Jintan dengan nama ilmiah Cuminum cyminum merupakan bumbu masakan yang termasuk dalam keluarga peterseli, dan berasal dari daerah Laut Tengah bagian timur sampai India bagian timur. Ini adalah bumbu yang banyak digunakan pada masakan India, terutama untuk hidangan daging merah seperti semur daging sapi dan babi dan dahl, hidangan yang terbuat dari kacang-kacangan atau polong-polongan kering. Selain itu, aroma yang harum dari jintan menambahkan aroma yang sedap pada chutney, nasi, roti, serta saus.

Biji Ketumbar
Ketumbar merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae, yang masih satu keluarga dengan peterseli. Biji ketumbar hadir sebagai biji utuh atau bubuk kering, yang bubuknya sekilas tampak seperti bubuk jintan. Biji ketumbar memiliki rasa lemon dan aroma bunga, yang berpadu sempurna jika dikombinasikan dengan jintan. Biji ini memberikan sensasi hangat pada masakan India, dan ketika digunakan dalam bentuk segar, biji ketumbar memberikan aroma bunga dan herba.

Garam Masala
Garam masala adalah salah satu bumbu khas India yang paling terkenal. Ini adalah bahan penting dalam membuat kari India. Kata masala bermakna “bumbu”, sementara masala berarti “pedas”, namun arti garam masala secara harfiah tidak menggambarkan rasa sesungguhnya dari garam masala. Bumbu khas India ini menawarkan rasa yang berbeda tergantung campuran rempah yang digunakan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *